Lima calon Bupati Kupang deklarasi kampanye damai

id Kupang

Lima calon Bupati Kupang deklarasi kampanye damai

Para calon Bupati-Wakil Bupati Kupang periode 2018-2023, Kamis (15/2) menggelar Deklarasi Pilkada Damai di Oelamasi, ibu kota Kabupaten Kupang, NTT. (Foto ANTARA/Benny Jahang)

Lima pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Kupang periode 2018-2023, Kamis (15/2) mendeklarasikan kampanye damai untuk terwujudnya sebuah pilkada yang berlangsung aman dan damai
Kupang (AntaraNews NTT) - Lima pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Kupang periode 2018-2023, Kamis (15/2) mendeklarasikan kampanye damai untuk terwujudnya sebuah pilkada yang berlangsung aman dan damai.

"Deklarasi kampanye damai ini merupakan bagian dari tahapan pilkada 2018 di Kabupaten Kupang, agar dalam masa kampanye hingga tahapan pemungutan suara berlangsung aman dan damai," kata Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Christian Louk.

Lima pasangan calon yang mendeklarasi kampanye damai tersebut adalah pasangan Hendrik Paut-Aljeri Monas (Harmoni), Korinus Masneno-Jerry Manafe (Komitmen) Nelson O Matara-Bernard Paulus Thomas Ellem Bait, Melianus Akulas dan Joao Antonio de Jesus Costa, Silvester M Banfatin-Johanis S Oettemoesoe.

Ikrar kampanye damai itu dilakukan juga oleh pimpinan partai pengusung calon kepala daerah di wilayah yang berbatasan dengan daerah kantung (enclave) Timor Leste, Oecusse itu.

Hans mengatakan ikrar kampanye damai harus dapat diimplementasikan para calon kepala daerah ini dalam kegiatan kampanye yang mulai berlangsung tanggal 15 Februari hingga 23 Juni 2018.

"Deklarasi kampanye damai harus dapat diimplemntasikan calon kepala daerah dalam pertemuan dengan masyarakat Kabupaten Kupang ketika kampanye berlangsung," kata Hans.

Ia mengatakan rakyat Kabupaten Kupang sangat cinta damai, sehingga diharapkan kelima calon kepala daerah ini mampu menjaga suasana damai dan aman selama perhelatan pilkada 2018 berlangsung.

"Kita semua berharap Kabupaten Kupang yang sangat damai ini tetap tenang sejak awal hingga masa kampanye berakhir. Siapun yang terpilih sudah ada yang menentukan, kita hanya berproses secara bersama-sama," tegas Hans.

Kegiatan deklarasi kampanye damai ini diakhiri dengan penandatanganan deklarasi kampanye damai dilakukan para calon bupati dan wakil bupati serta pimpinan partai pengusung para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kupang, priode 2018-2023.

Deklarasi kampanye damai di daerah ini diakhiri dengan mengelar tarian Tebe yang diikuti para calon kepala daerah dan ratusan pendukung kelima pasangan calon yang turut menghadiri acara deklarasi kampanya damai itu.