Pemkab Mabar terima piagam opini WTP dari Kemenkeu RI

id wtp,labuan bajo,manggarai barat,NTT

Pemkab Mabar terima piagam opini WTP dari Kemenkeu RI

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi didampingi Wakil Bupati Yulianus Weng, Sekda Fransiskus Sales Sodo dan Kepala BPKD Salvador Pinto menerima piagam Opini WTP dari Kementerian Keuangan RI yang diserahkan langsung oleh Kepala KPPN Ruteng Yustinus Kus Suhantoro mewakili Menteri Keuangan RI didampingi pejabat dari Kanwil DJPP Provinsi NTT, Rabu (13/10/2021) (ANTARA/Ho-Pemkab Manggarai Barat)

...Kami akan berupaya mempertahankan dan meningkatkan pencapaian ini di tahun berikutnya
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat mendapatkan piagam penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI Atas laporan keuangan tahun 2020.

"Kami akan berupaya mempertahankan dan meningkatkan pencapaian ini di tahun berikutnya," ungkap Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis, (14/10).

Penyerahan piagam merupakan tindak lanjut pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenkeu RI pada 14 September 2021 lalu yakni Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 secara daring.

Bupati Edi didampingi Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng menerima piagam Opini WTP yang diserahkan langsung oleh Kepala KPPN Ruteng Yustinus Kus Suhantoro mewakili Menteri Keuangan RI didampingi pejabat dari Kanwil DJPP Provinsi NTT pada Rabu.

Bupati Manggarai Barat berterima kasih atas penghargaan yang telah diterima pemerintah daerah tersebut. Dia pun meminta bimbingan dan kerja sama agar penyusunan laporan berikutnya dapat lebih baik.

Pada kesempatan itu Bupati Edi juga berjanji untuk menindaklanjuti rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pemerintah pun akan memperbaiki berbagai temuan yang telah disampaikan oleh BPK.

Sebelumnya, dalam kegiatan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021, Pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK untuk laporan keuangannya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pada rakernas tersebut berpesan kepada seluruh Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk terus melihat temuan-temuan BPK dan memperbaiki berdasarkan rekomendasi apa yang telah disampaikan oleh BPK. Selain itu sinergi dan komunikasi dari auditor dan auditee merupakan salah satu bentuk tata kelola yang baik dan akan membangun Indonesia menjadi negara maju, kuat, dan bermartabat.

Baca juga: BPBD Mabar susun rencana kontingensi hadapi bencana

Menkeu Sri mengharapkan komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan, sehingga dapat menjadi modal yang sangat berharga bagi sinergi pengelolaan keuangan negara dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.

Dengan demikian, kata dia, kualitas laporan keuangan seluruh entitas Pemerintah dapat tetap terjaga, terus memperoleh opini WTP, dan berdampak nyata dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, maju, adil dan makmur, sebagaimana yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia.

Baca juga: Pemkab Mabar optimistis kunjungan wisatawan 30 ribu hingga akhir 2021

"Kami mewakili Kementerian Keuangan menyampaikan plakat/piagam WTP kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sebagai apresiasi perolehan opini WTP oleh BPK atas laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun 2020. Semoga capaian ini dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya," harap Sri saat itu.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021