Timor Leste dukung layanan Damri Kupang-Dili

id DAMRI

Timor Leste mendukung beroperasinya Damri untuk melayani Dili-Kupang, pulang pergi. (ANTARA Foto/dok)

Pemerintah Timor Leste telah menyampaikan dukungannya terhadap rencana pengadaan layanan bus Damri rute Kupang-Dili, pp untuk mendukung kontektivitas darat kedua wilayah.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Dinas Parwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengemukakan, pemerintah Timor Leste telah menyampaikan dukungannya terhadap rencana pengadaan layanan bus Damri rute Kupang-Dili, pp untuk mendukung kontektivitas darat kedua wilayah.

"Pemerintah berencana mengadakan layanan Damri Kupang-Dili dan sudah didukung Pemerintah Timor Leste yang mengharapkan agar bisa direalisasikan," kata Marius Ardu Jelamu saat dihubungi Antara dari Kupang, Sabtu (14/4).

Ia mengatakan dukungan itu disampaikan langsung pihak delegasi Timor Leste dalam pertemuan trilateral bersama Indonesia dan Australia di Labuan Bajo, Pulau Flores pada 11-13 April 2018.

Marius mengatakan, selama ini konektivitas darat antara NTT dengan Timor Leste sudah terbuka karena berbatasan wilayah darat secara langsung di Pulau Timor.

Arus pelintas batas, lanjutnya, yang melalui sejumlah pos lintas batas negara (PLBN) di Mota Ain Kabupaten Belu, Wini Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Motamasin Kabupaten Malaka, juga bergerak dengan lancar dengan rata-rata mencapai lebih dari 200 orang per hari.

Baca juga: NTT genjot wisatawan dari Timor Leste
. Timor Leste mendukung beroperasinya Damri untuk melayani Dili-Kupang, pulang pergi. (ANTARA Foto/dok)


Kemudian ada juga layanan mobil-mobil travel juga beroperasi melayani Kupang-Dili dan sebaliknya. Untuk mendukung kelancaran arus wisatawan dalam jumlah banyak, maka perlu adanya layanan Damri yang langsung menghubungkan Kota Kupang dengan Dili, ibu kota negara Timor Leste.

Dengan begitu, katanya, wisatawan dari Timor Leste maupun dari mancanegara yang masuk melalui negara setengah Pulau Timor bisa masuk ke NTT dengan menggunakan fasilitas angkutan Damri.

Ia menambahkan, dalam pertemuan trilateral tersebut pemerintah Indonesia dan Timor Leste sama-sama berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan kedua negara.

"Dibahas juga berbagai persoalan yang seringkali muncul di wilayah perbatasan dan bersama-sama sudah berkomitmen agar tetap diselesaikan dengan diplomasi secara damai," katanya.

Baca juga: Wisatawan Eropa lebih suka desa wisata
. Timor Leste mendukung beroperasinya Damri untuk melayani Dili-Kupang, pulang pergi. (ANTARA Foto/dok)
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar