Sembilan UKM di Labuan Bajo ke final festival kreatif lokal 2021

id Festival Kreatif Lokal 2021, Labuan Bajo,NTT,Kota Kupang,destinasi super prioritas

Sembilan UKM di Labuan Bajo ke final festival kreatif lokal 2021

Tangkapan layar konferensi Pers Festival Kreatif Lokal 2021. ANTARA/Kornelis Kaha

Kupang (ANTARA) - Sebanyak sembilan usaha kecil dan menengah (UKM) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat lolos ke babak final untuk meraih Kreatif Lokal Award setelah diseleksi dari 33 UKM bidang usaha Fesyen, Kuliner, dan Kriya dalam kegiatan Festival Kreatif Lokal 2021.

Kepala Wilayah Bali dan Nusa Tenggara Adira Finance Surya Almada Syahlani dalam siaran pers yang dilakukan secara daring dari Bali, Jumat, (22/10) mengatakan kegiatan festival Kreatif Lokal 2021 itu merupakan kolaborasi antara Adira dengan Kemenpar dalam mendukung pemerintah memajukan UKM sektor ekonomi kreatif di Destinasi Super Prioritas khususnya di Labuan Bajo.

"Sembilan UMKM yang tembus final itu antara lain bidang kuliner seperti Timor Moringa, New Eden Moringa, CV Beumopu Elba Jaya (Mama Ana). Kemudian bidang Kriya, UKM Tinung Rambu, UKM Rempe Sikka dan UKM Lipa Tenung," katanya.

Sementara di bidang fashion seperti UKM Wualime Waesano, UKM Komodo Gift Shop dan yang terakhir adalah UKM Padu Padan.

Selanjutnya, sembilan UKM yang terpilih itu akan mendapatkan pelatihan lebih intensif dari Prasetya Mulya Executive Learning Insitute (ELI) dan Entrepreneur Camp, untuk memberikan memotivasi agar memiliki mental dan semangat mengembangkan usaha.

Sehingga dalam menjalankan bisnis dapat selalu menghadirkan inovasi demi keberlanjutan usaha agar terus tumbuh. Pelatihan yang diberikan akan menggunakan metode praktik, sehingga dapat langsung diterapkan para UKM dalam menumbuhkan usaha kreatif mereka

”Inovasi harus disadari pelaku UKM sebagai kunci dalam mengelola bisnis, karena membuka peluang untuk mengikuti perubahan dan perkembangan zaman, sehingga usaha dapat bertahan menghadapi berbagai tantangan,” tambah Surya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Ferdinandus Ben mengapresiasi upaya dari Adira Finance yang berupaya meningkatkan kapabilitas dari para pelaku UKM di Labuan Bajo yang menjadi Destinasi Super Prioritas.

Menurut dia upaya dari perusahaan tersebut tentunya akan memberikan inovasi bagi pelaku UKM untuk terus menumbuhkan bisnisnya di tengah pandemi ini.

“Festival Kreatif Lokal 2021 bukti kepedulian Adira Finance bersama Kemenpar terhadap pelaku UKM di sektor pariwisata. Kegiatan ini akan menjadi modal bagi pelaku usaha kreatif di DSP untuk tumbuh dan menunjukkan semangat teru smaju di tengah tantangan,” tambah pria yang disapa Ferdi itu.

Lebih lanjut untuk diketahui UKM yang memang dan menjadi yangterbaik akan mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah untuk tambahan modal usaha, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun daring.

Baca juga: Floratama Academy BPOLBF dorong UMKM berdaya saing hasilkan produk lokal

Baca juga: Pemkab Mabar gencar tingkatkan SDM dan penataan destinasi