Fed bersabar untuk naikkan suku bunga

id Pertemuan Fed,Ketua Fed,keputusan Fed,tapering Fed,suku bunga Fed

Fed bersabar untuk naikkan suku bunga

Foto Dokumen: Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengambil tempat duduknya untuk bersaksi di depan sidang Komite Perbankan, Perumahan dan Perkotaan Senat tentang "Laporan Kebijakan Moneter Setengah Tahunan kepada Kongres" di Capitol Hill di Washington, AS, 15 Juli 2021 ANTARA/REUTERS/Kevin Lamarque/Dokumen Foto

...Kami percaya bahwa tingkat angka penggajian (payrolls) tidak akan kembali ke puncak pra-pandemi hingga akhir 2022
Washington (ANTARA) - Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell menekankan pada Rabu (3/11/2021) bahwa Fed dapat bersabar untuk menaikkan suku bunga ketika bank sentral akan mulai mengurangi pembelian asetnya bulan ini di tengah kekhawatiran inflasi yang meningkat.

"Keputusan kami hari ini untuk memulai pengurangan pembelian aset kami tidak menyiratkan sinyal langsung mengenai kebijakan suku bunga kami," kata Powell, Rabu (3/11/2021) sore pada konferensi pers virtual setelah mengakhiri pertemuan kebijakan dua hari.

"Kami terus mengartikulasikan tes yang berbeda dan lebih ketat untuk kondisi ekonomi yang perlu dipenuhi sebelum menaikkan suku bunga federal fund," kata Powell, menambahkan masih ada dasar untuk mencapai pekerjaan maksimum baik dalam hal pekerjaan dan partisipasi.

"Kami tidak berpikir sudah waktunya untuk menaikkan suku bunga sekarang. Jika kami menyimpulkan itu perlu, kami akan bersabar, tetapi kami tidak akan ragu-ragu," katanya.

Dalam pernyataan kebijakan yang dirilis Rabu (3/11/2021), The Fed berjanji untuk mempertahankan suku bunga dana federal tidak berubah pada level rekor terendah mendekati nol seperti yang diperkirakan secara luas.

Sementara itu, bank sentral memutuskan untuk mulai mengurangi laju bulanan pembelian aset bersihnya sebesar 10 miliar dolar AS untuk sekuritas obligasi pemerintah AS dan 5 miliar dolar AS untuk sekuritas yang didukung hipotek bulan ini.

The Fed telah berjanji untuk melanjutkan program pembelian asetnya dengan kecepatan 120 miliar dolar AS per bulan, termasuk 80 miliar dolar AS dalam sekuritas obligasi pemerintah AS dan 40 miliar dolar dalam sekuritas yang didukung hipotek, sampai "kemajuan lebih lanjut yang substansial" telah dibuat dalam pekerjaan dan inflasi.

"Pada pertemuan hari ini, Komite menilai bahwa ekonomi telah memenuhi ujian ini, dan memutuskan untuk mulai mengurangi laju pembelian asetnya," kata Powell, merujuk pada Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), komite pembuat kebijakan Fed.

"Jika ekonomi berkembang secara luas seperti yang diharapkan, kami menilai bahwa pengurangan serupa dalam laju pembelian aset bersih kemungkinan akan sesuai setiap bulan, menyiratkan bahwa peningkatan kepemilikan sekuritas kami akan berhenti pada pertengahan tahun depan," katanya.

Joseph Gagnon, rekan senior di Peterson Institute for International Economics, mengatakan keputusan The Fed tentang tapering secara luas telah diperkirakan dan diterima dengan baik oleh pasar.

"Imbal hasil obligasi dan dolar bergerak sangat sedikit setelah pengumuman, harga saham naik sedikit," kata Gagnon, menambahkan pola imbal hasil obligasi saat ini menunjukkan bahwa pelaku pasar mengharapkan Fed menaikkan suku bunga sekitar setengah poin persentase pada paruh kedua 2022.

Namun, Jay H. Bryson, kepala ekonom di Wells Fargo Securities, percaya bahwa FOMC akan menunggu hingga 2023 sebelum memulai siklus pengetatan.

"Kami percaya bahwa tingkat angka penggajian (payrolls) tidak akan kembali ke puncak pra-pandemi hingga akhir 2022," kata Bryson dalam sebuah catatan pada Rabu (3/11/2021).

"Tetapi kami siap mengakui bahwa Komite dapat menarik langkah pengetatannya jika payrolls pulih lebih cepat dari yang kami perkirakan saat ini dan/atau inflasi tetap tinggi," kata Bryson.

Pengumuman tapering datang ketika tingkat inflasi AS tetap tinggi dalam beberapa bulan terakhir. Dalam 12 bulan hingga September, indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) inti, ukuran inflasi pilihan Fed, naik 3,6 persen untuk bulan keempat berturut-turut, tetap di level tertinggi sejak Mei 1991, menurut Departemen Perdagangan.

"Inflasi sekarang didorong oleh kebijakan moneter dan fiskal yang terlalu ekspansif pada saat kita menghadapi masalah rantai pasokan yang parah, masalah pengiriman, dan kenaikan besar harga minyak dan pangan internasional," Desmond Lachman, rekan tetap di American Enterprise Institute dan mantan pejabat di Dana Moneter Internasional, mengatakan kepada Xinhua.

"Saya tidak memperkirakan tekanan itu mereda dalam waktu dekat dan saya perkirakan inflasi akan lebih tinggi dari perkiraan Fed," kata Lachman, menambahkan bahwa tapering tidak akan banyak membantu mengurangi inflasi.

"Kita harus ingat bahwa bahkan dengan tapering, The Fed akan terus membeli banyak obligasi sampai berakhirnya tapering pada pertengahan tahun depan dan akan mempertahankan kebijakan suku bunga pada batas nol," katanya.

Meskipun "sangat tidak pasti" kapan inflasi AS pada akhirnya akan moderat karena hambatan rantai pasokan, Powell mengatakan inflasi dapat turun pada kuartal kedua atau ketiga tahun depan.

"Jika kami melihat tanda-tanda bahwa jalur inflasi atau ekspektasi inflasi jangka panjang bergerak secara material dan terus-menerus melampaui level yang konsisten dengan target kami, kami akan menggunakan alat kami untuk menjaga stabilitas harga," kata Powell, mencatat bank sentral akan mengamati dengan cermat untuk melihat apakah ekonomi berkembang sesuai dengan harapan.

Baca juga: Dolar melemah pada akhir perdagangan

Baca juga: Emas anjlok 25,5 dolar