Rumah sakit pratama dibangun di perbatasan NTT-Timor Leste

id NTT,obat tradisional,rumah sakit pratama,perbatasan,RI,Timor Leste

Rumah sakit pratama dibangun di perbatasan NTT-Timor Leste

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

...Kami akan memperjuangkan pembangunan rumah sakit pratama di Kecamatan wilayah Amfoang, Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat menjadi lebih memadai
Kupang (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan pembangunan rumah sakit pratama dipastikan dibangun di kecamatan yang berbatasan Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan Distrik Oecusse, Timor Leste pada 2023 guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Kami akan memperjuangkan pembangunan rumah sakit pratama di kecamatan wilayah Amfoang, Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat Amfoang menjadi lebih memadai," katanya dalam kegiatan pencanangan pengembangan obat-obatan tradisional pada dua kecamatan di Kabupaten Kupang, Sabtu, (14/11).

Pemerintah Kabupaten Kupang menetapkan dua kecamatan yaitu Amfoang Tengah dan Amfoang Selatan sebagai wilayah pusat pengembangan obat herbal sebagai obat alternatif bagi masyarakat.

Ia mengatakan wilayah Amfoang yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste harus menjadi perhatian dalam pembangunan sektor kesehatan.

Sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan NTT II meliputi Pulau Timor, Sumba, Rote dan Sabu Raijua, ia memastikan memperjuangkan pembangunan rumah sakit pratama di Kabupaten Kupang itu.

"Apabila bupati, wakil bupati dan anggota DPRD Kabupaten Kupang membuka suara, kami akan berbuat sesuai dengan tugas kami agar bisa menjadi berkat bagi masyarakat dengan memperjuangkan pembangunan rumah sakit pratama itu pada 2023," katanya.

Dia mendorong masyarakat di Amfoang untuk menanam berbagai aneka tanaman obat-obatan herbal karena dalam situasi pandemi COVID-19 pengobatan tradisional sangat dibutuhkan guna meningkatkan daya tahan tubuh dari paparan virus corona.

"Pengobatan tradisional merupakan pengobatan atau perawatan dengan cara herbal yang mengacu pada pengalaman turun temurun dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma yang berlaku dengan masyarakat," katanya menegaskan.

Dengan penetapan dua kecamatan sebagai daerah percontohan pengembangan usaha tanaman herbal, kata Emanuel Melkiades Laka Lena ,dapat mempermudah mengidentifikasikan pengobatan-pengobatan tradisional yang dapat membantu mengurangi resiko paparan virus COVID-19.

Sementara itu Bupati Kupang, Korinus Masneno mengapresiasi terhadap rencana KOMISI IX DPR-RI untuk memperjuangkan pembangunan rumah sakit pratama di wilayah Amfoang.

"Pemerintah Kabupaten Kupang tentunya berterimah kasih terhadap rencana itu sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat Amfoang menjadi lebih optimal," katanya.

Baca juga: Dua kecamatan di Kupang jadi pusat pengembangan obat herbal

Baca juga: Wamenkes: Obat antivirus tak ubah situasi pandemi COVID-19