Jalan di pulau Sumba yang tertimbun longsor sudah bisa dilalui

id banjir bandang pulau sumba, ntt,banjir pulau sumba

Jalan di pulau Sumba yang tertimbun longsor sudah bisa dilalui

Satu unit alat berat sedang membersihkan tumpukan material longsor yang menutup jalan di pulau Sumba. ANTARA/Ho-Polres Sumba Barat

...Pekerjaan pembersihan jalan yang tertimbun longsor sudah dibersihkan setelah sejak siang tadi tak terjadi hujan lagi
Kupang (ANTARA) - Akses jalan yang tertimbun material longsor yang mengakibatkan sejumlah ruas jalan nasional di pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur sudah dibersihkan dan sudah bisa dilalui kendaraan bermotor.

"Pekerjaan pembersihan jalan yang tertimbun longsor sudah dibersihkan setelah sejak siang tadi tak terjadi hujan lagi," kata Kapolres Sumba Barat AKBP F.X Irawn Arianto dari Sumba Barat, Selasa, (28/12).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan perkembangan dari bencana banjir bandang dan tanah longsor di kabupaten Sumba Tengah yang sempat menutup sejumlah ruas jalan dan jembatan di pulau Sumba.

Baca juga: Sejumlah ruas jalan di pulau Sumba tertimbun longsor

Ia mengatakan pihak kepolisian turut membantu petugas dari Basarnas, BPBD dan TNI membersihkan material longsor yang menutup jalan sejak Senin (27/12) malam.

Hanya saja sempat muncul kendala di lapangan karena setelah dibersihkan muncul lagi longsor lain di beberapa titik karena cukup tinggi curah hujannya.

"Tetapi sejak pukul 15 00 WITA tadi jalan sudah bisa dilalui oleh sejumlah kendaraan bermotor tetapi memang harus tetap hari-hari karena licin," tambah dia.

Terkait banjir tambah dia, kini perlahan-lahan sudah mulai surut. Karena itu ia berharap tidak terjadi lagi hujan dengan intensitas yang tinggi karena dikhawatirkan akan banjir lagi.

Ia pun mengatakan ada sekitar sembilan rumah yang digenangi oleh banjir bandang yang tersebar di tiga kecamatan di Sumba Tengah yakni Umbu Ratungay Barat, Umbu Ratungay Selatan dan Umbu Ratungay.

Warga terdampak banjir bandang Kata Irwan juga telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Baca juga: Sejumlah keluarga mengungsi akibat banjir di Sumba Tengah