Dinkes catat kasus DBD di Kota Kupang menurun

id NTT,kasus DBD,DBD di kota Kupang

Dinkes catat kasus DBD di Kota Kupang menurun

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Retnowati (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

...Kesadaran warga Kota Kupang dalam menjaga kebersihan lingkungan semakin tinggi terbukti dengan terus menurunnya kasus DBD setiap tahun
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Retnowati mengatakan kasus demam berdarah dengue (DBD) terus mengalami penurunan setiap tahun seiring tingginya kesadaran warga dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

"Kesadaran warga Kota Kupang dalam menjaga kebersihan lingkungan semakin tinggi terbukti dengan terus menurunnya kasus DBD setiap tahun," kata Retnowati di Kupang, Kamis, (6/1).

Ia mengatakan kasus DBD yang terjadi pada 2020 di Kota Kupang mencapai 651 kasus dengan jumlah warga yang meninggal delapan orang.

Pada 2021, kasus DBD di Kota Kupang turun menjadi 200 kasus dengan jumlah warga yang meninggal dunia empat orang.

"Ada penurunan sekitar 400 kasus DBD pada 2021 dibanding 2020 karena Pemerintah Kota Kupang konsen terhadap kebersihan. Pemerintah terus mendorong pemerintah kelurahan hingga kecamatan secara rutin mengajak warga membersihkan lingkungan sehingga tidak ada sarang nyamuk penyebar DBD," tegasnya.

Ia berharap pada 2022 kasus DBD di Kota Kupang tidak mengalami peningkatan apabila warga di ilIbukota Provinsi NTT ini tetap konsisten dalam menjaga kebersihan lingkungannya secara baik.

Baca juga: Manggarai Barat aktifkan penyemprotan cegah peningkatan DBD

Menurut dia, petugas kesehatan di semua puskesmas di Kota Kupang selalu turun memberikan edukasi kepada warga tentang bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sehingga bisa terbebas dari serangan DBD.

Baca juga: Dinkes Kota Kupang : Setiap rumah harus ada juru pemantau jentik

Dia juga menambahkan, Dinas Kesehatan menyediakan pembasmi jentik nyamuk dalam mengatasi DBD yang bisa diperoleh pada semua puskesmas di Kota Kupang secara gratis.