Solidaritas Masyarakat Timor Dukung Jonas-Nikolaus

id Jonas

Solidaritas Masyarakat Timor Dukung Jonas-Nikolaus

Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus mendapat dukungan dari Solidaritas Masyarakat Timor

"Solidaritas ini sudah ada sejak enam tahun lalu, dan pada 2012 lalu kami sudah dukung pak Jonas Salean," kata Hengki Benu..
Kupang (Antara NTT) - Solidaritas Masyarakat Timor (SMT) Kota Kupang menyatakan dukungan untuk pasangan calon wali kota Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus untuk melanjutkan pembangunan di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Solidaritas ini sudah ada sejak enam tahun lalu, dan pada 2012 lalu kami sudah dukung pak Jonas Salean," kata Ketua Solidaritas Masyarakat Timor Hengki Benu kepada wartawan di Kupang, Jumat.

Bukti nyata kebijakan program prorakyat yang sudah dilakukan selama kurun waktu kepemimpinan Jonas Salean dan sudah dinikmati seluruh warga daerah ini adalah dana pemberdayaan ekonomi masyarakat senilai Rp500 juta setiap kelurahan, bantuan uang duka Rp2,5 juta untuk warga miskin berduka, bantuan beras miskin gratis dan dana pendidikan untuk siswa miskin ke perguruan tinggi.

Di bidang kesehatan ada program brigade Kupang sehat (BKS) yang memungkinkan warga bisa mendapat pelayanan maksimal dengan petugas medis mendatangi warga pasien dan melakukan layanan kesehatan secara gratis.

Selanjutnya, kata Hengki, yang paling nyata adalah pembangunan infrastruktur berupa jalan lingkungan yang saat ini sudah dilakukan dan dinikmati oleh seluruh warga di daerah ini.

"Ini sudah nyata buktinya, apalagi yang harus dicari. Yang lainkan masih janji belum tentu bisa berbuat, sama seperti kucing dalam karung," katanya.

Dia mengakui solidaritas masyarakat Timor yang dipimpinnya bukan merupakan wadah formal yang memiliki AD/ART seperti lembaga resmi lainnya.

Wadah berbasis solidaritas ini dibentuk untuk menjangkau segala kemungkinan bantuan dan perhatian bagi warga Timor dan etnis lainnya yang ada di dalamnya.

"Memang tidak untuk kepentingan politik, namun karena perjuangan Pak Jonas itu untuk kesejahteraan seluruh masyarakat terutama warga miskin maka kami mendukungnya," katanya.

Secara statistik penduduk etnis Timor di Kota Kupang saat ini berada di kisaran 30,82 persen dari jumlah penduduk Kota Kupang atau mencapai 450.360 jiwa.

Masyarakayt etnis Sabu 19,28 persen, etnis Rote 18,25 persen, Flores 13,27 persen, Sumba 9,36 persen, Alor 4,80 persen, Tionghoa 0,19 persen dan etnis lainnya 4,03 persen.