Imigrasi Maumere monitoring dan koordinasi ke Pelabuhan Larantuka

id NTT, kota kupang,imigarasi maumere

Imigrasi Maumere monitoring dan koordinasi ke Pelabuhan Larantuka

Monitoring dan koordinasi imigrasi Maumere ke pelabuhan Larantuka. ANTARA/Ho

Kami siap mendukung langkah-langkah dari Kantor Imigrasi Maumere, khususnya dalam melakukan pengawasan Lalu Lintas Keimigrasian di wilayah kabupaten Flores Timur,
Kupang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kanwil kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, melaksanakan kegiatan koordinasi ke Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Larantuka Kabupaten Flores Timur, pada Jumat (25/3). 

Tim Monitoring Imigrasi Maumere dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Marselinus Ma bersama dua staf dan seorang PPNPN diterima  oleh Kepala Seksi Operasional Pelabuhan, Sailudin Magung yang mewakili kepala kantor unit penyelenggara pelabuhan Kls II Larantuka.

Dalam pertemuan tersebut membahas berbagai hal mengenai peran dan kerjasama antara kedua Instansi yang sama sama mengemban tugas melayani dan mengawasi keluar masuknya kapal asing wilayah Indonesia di pelabuhan Larantuka serta melaksanakan monitoring terkait ada tidaknya kegiatan kapal asing di wilayah kabupaten Flores Timur.

Kasi Lalintalkim, Marselinus Ma menyampaikan bahwa kegiatan monitoring secara berkala ini merupakan perintah dari Kepala Kantor Imigrasi Maumere, yang bertujuan untuk memastikan bahwa keadaan di pelabuhan Larantuka apakah ada kegiatan kapal asing serta ditemukan kendala atau tidak dan juga isu-isu aktual lainnya yg segera perlu ditangani.

"Hari ini kami melaksanakan koordinasi dan monitoring sebagai upaya memperkokoh koordinasi dan mempererat sinergitas antara Kanim Maumere dan instansi terkait khususnya dgn otoritas pelabuhan yg bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yg prima bagi masyarakat yg berhubungan dengan tugas dan fungsi Keimigrasian," ujar dia.

Baca juga: Imigrasi Maumere bentuk Tim pengawasan orang asing hingga ke kecamatan

"Kami menyadari bahwa tugas yang kami lakukan dalam memberikan pelayanan keimigrasian dan penegakan hukum senantiasa bersentuhan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi intansi lain sehingga diperlukan kerja sama dan saling mendukung demi pencapaian kinerja yang semakin baik,” ucap Marsel lagi.

Baca juga: Imigrasi Maumere Sosialisasikan apliksi M-Paspor

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Operasional Pelabuhan Larantuka mengatakan dengan adanya koordinasi tersebut semoga dapat meningkatkan Sinergritas antara Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan dengan Kantor Imigrasi Maumere.

“Kami siap mendukung langkah-langkah dari Kantor Imigrasi Maumere, khususnya dalam melakukan pengawasan Lalu Lintas Keimigrasian di wilayah kabupaten Flores Timur,”tegasnya.

Bahwa sesuai penjelasan Kepala operasional pelabuhan Larantuka Sailudin Magung dalam dua tahun terakhir ini karena berhubungan juga dengan pendemi covid- 19 tidak ada kegiatan kapal asing di pelabuhan Larantuka.

Dengan wilayah kerja yang sangat luas dan jumlah pegawai yang sangat terbatas, Imigrasi Maumere tetap berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan tanpa melupakan sisi pengawasan dan penegakan hukum keimigrasian secara profesional dan berkesinambungan.