Pemerintah bangun jalan ke kawasan wisata Nihiwatu

id Pembangunan Jalan

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis (tengah), Kepala Balai Pelaksana Jalan X Kupang NTT Muktar Napitupulu (kiri) saat meninjau ruas jalan menuju kawasan wisata Nihiwatu, Sumba Barat (Foto Antara/Kornelis Kaha)

Kementerian PUPR mengucurkan dana sebesar Rp23 miliar untuk pembangunan jalan menuju kawasan wisata Nihiwatu di Kabupaten Sumba Barat, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. 
Waikabubak, NTT (AntaraNews NTT) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan dana sebesar Rp23 miliar untuk pembangunan jalan menuju kawasan wisata Nihiwatu di Kabupaten Sumba Barat, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. 

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis kepada wartawan di sela-sela kunjungan kerjanya ke Sumba Barat, Jumat (10/9), mengatakan sampai sejauh ini proses pengerjaannya sudah mencapai sekitar 25 persen.

"Ruas jalan yang dibangun sepanjang 5,1 kilometer dari total semua jalan yang akan dibangun sepanjang 13,2 kilometer. Namun untuk tahun 2018 ini baru 5,1 kilometer yang dianggarkan oleh pemerintah," katanya kepada wartawan di Waikabubak, Sumba Barat. 

Untuk panjang jalan berikutnya sepanjang 8,1 kilometer, katanya, akan dibangun pada tahun anggaran 2019 yang mana sesuai dengan pagu anggaran kurang lebih mencapai Rp30 miliar. 

Fary mengatakan sebagai Ketua Komisi V DPR RI yang membidangi masalah infrastruktur sudah menjadi kewajibannya untuk memantau langsung pengerjaan jalan tersebut mengingat anggaran yang dikeluarkan tidaksedikit. 

"Saya ingin memastikan bahwa sampai saat ini progresnya bagaimana. Apakah bisa selesai sesuai dengan target atau tidak," katanya menambahkan.

Baca juga: Nihiwatu mencuri hati David Beckham
 
Satker PJN I NTT Balai PJN X Kupang, Wilhelmus Sugu Djawa (kiri) sedang berkoordinasi dengan Ketua Komis V DPR RI Fary Djemi Francis saat meninjau pembangunan jalan menuju kawasan wisata Nihiwatu. (Foto Antara/Kornelis Kaha) (Foto Antara/Kornelis Kaha/)

Pembangunan jalan tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018. "Namun jika pada 2018 belum selesai maka akan dilanjutkan pada tahun 2019," katanya. 

Fary mengharapkan dengan adanya pembangunan ruas jalan menuju ke kawasan wisata terbaik dunia itu maka perjalanan wisata sejumlah wisatawan ke Nihiwatu bisa lebih nyaman lagi. 

"Mereka bisa menceritakan kepada teman-teman mereka bahwa jalan menuju Nihiwatu sudah mulus. Dengan demikian, kita harapkan agar wisatawan lebih banyak lagi berkunjung ke Nihiwatu," ujarnya.

Sementara itu terkait masih adanya masalah lahan saat pembangunan jalan tersebut, Fary mengharapkan agar Bupati Sumba Barat serta pemerintah desa bisa berkoordinasi dengan masyarakat agar semua pembangunannya berjalan lancar. 

Saat memantau ruas jalan menuju kawasan wisata Nihiwatu itu, Fary ditemani oleh Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole, Kepala Balai Pelaksana Jalan X Nusa Tenggara Muktar Napitupulu, serta Kepala Balai Sungai Wilayah NT II Agus Sosiawan. 

Baca juga: Sumba Barat Berharap Jaringan Listrik ke Nihiwatu
Baca juga: Nihiwatu Hotel Terbaik Dunia

 
Restoran di Hotel terbaik Nihiwatu, Sumba Barat. (Foto Antara/Kornelis Kaha) (Foto Antara/Kornelis Kaha/)

 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar