LARS: Akreditasi RS bukan formalitas namun sebagai penjaminan mutu

id akreditas rumah sakit,LARS,Hanibal Hamidi,Direktur LARS,manfaat akreditas RS

LARS: Akreditasi RS bukan formalitas namun sebagai penjaminan mutu

Direktur Eksekutif Lembaga Akreditasi Rumah Sakit (LARS), dr Hanibal Hamidi M.Kes. (ANTARA/HO-Direktur LARS Hanibal Hamidi)

Semakin baik status akreditasi suatu rumah sakit, berarti penjaminan mutunya semakin terjaga
Kupang (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Akreditasi Rumah Sakit (LARS), dr Hanibal Hamidi M.Kes mengatakan salah satu cara paling mudah mengetahui mutu layanan Rumah Sakit (RS) adalah melihat status akreditasinya.

"Akreditasi bukanlah formalitas administratif, tetapi merupakan salah satu bagian penting dari proses penjaminan mutu," katanya dalam acara Kick Off & Launching Standar Akreditasi Rumah Sakit, di Hotel Marriot Bali, Selasa (17/5).

Semakin baik status akreditasi suatu rumah sakit, berarti penjaminan mutunya semakin terjaga sehingga masyarakat harus cermat memeriksa status akreditasi agar bisa mendapatkan layanan terbaik.

Karena itulah, rumah sakit pemerintah maupun swasta sangat berkepentingan dengan status akreditasi. 
 
Hanibal Hamidi mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan solusi progresif atas kebutuhan seluruh ekosistem kesehatan nasional.

Masyarakat, kata dia ingin mendapatkan hak layanan rumah sakit yang bermutu baik dan dapat diandalkan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Begitu juga tenaga kesehatan, tenaga pendukung kesehatan, dan tenaga profesional lainnya membutuhkan ekosistem pelayanan kesehatan dalam tata kelola yang baik sehingga profesionalisme dan etika profesi dapat ditegakkan sebagaimana mestinya.

"Rumah sakit membutuhkan proses dan hasil akreditasi yang mendukung pencapaian misi dan misi secara efektif, efisien, berkesinambungan, dan berkelanjutan," katanya.

Sementara pemerintah, selaku regulator membutuhkan lembaga pelaksana akreditasi yang independen, profesional, transparan, dan koordinatif agar standar mutu yang ditetapkan dapat terpenuhi oleh rumah sakit dan mendukung program kesehatan nasional.

Ia mengatakan LARS mengikhtiarkan sejumlah hal secara sistematis, terukur, dan profesional di antaranya sistem dan pelaksanaan akreditasi harus selaras dan mendukung penjaminan mutu rumah sakit.

Pelaksanaan akreditasi rumah sakit harus secara komprehensif menjadi bagian berkesinambungan dari sistem penjaminan mutu rumah sakit.

Selain itu pelaksanaan akreditasi dan penjaminan mutu memperkuat pengukuran dan penilaian kinerja rumah sakit dalam rangka menjalankan misi serta mencapai visi rumah sakit.

Instrument akreditasi yang dikembangkan dan digunakan oleh LARS, sedemikian rupa sehingga juga merupakan perangkat pencapaian misi rumah sakit, disebut sebagai MATH (Mission Achievement Tools in Hospital).

Perangkat ini secara komprehensif dan inovatif mengintegrasikan secara cerdas Balance Score Card (BSC), Performance  Assessment Tool for quality improvement in Hospitals (PATH), dan standar Joint Commission Internation (JCI) dengan Standar Akreditasi Rumah Sakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2022.

Penggunaan MATH, memberi manfaat ganda bagi rumah sakit yang pelaksanaan akreditasinya oleh LARS. 

Selain terakreditasi dengan baik, rumah sakit bersama LARS dapat memfungsikan perangkat MATH sebagai sistem manajemen, alat manajemen strategis, dan sebagai dashboard organisasi rumah sakit dalam mencapai misi rumah sakit. 

"Tentunya ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tata kelola rumah sakit tersebut," katanya.

Lebih jauh, dia menambahkan, dengan LARS berbasis interkoneksi digital dan komunitas, biaya pelaksanaan akreditasi semakin terjangkau dengan penjaminan mutu yang lebih baik. 

Penerapan MATH oleh LARS sekaligus memberi perangkat multiguna bagi rumah sakit dalam menjalankan misi dan mencapai visinya secara lebih efektif, efisien, dan terukur.

Interkoneksi digital yang diterapkan LARS merupakan keniscayaan dari Transformasi Sistem Akreditasi Rumah Sakit (bagian dari Transformasi Layanan Rujukan, Pilar ke-2 Transformasi Kesehatan Indonesia 2022-2024). 

Penerapan teknologi industri 4.0 sebagai strategi integrasi rantai pasok kesehatan, juga perlu didukung dengan terintegrasinya manajemen kinerja rumah sakit sehingga lebih gesit dalam melancarkan dinamika tantangan dunia kesehatan, seperti saat hadapi pandemi. 

Nilai suatu teknologi bergantung pada kepemimpinan yang kuat, pembelajaran organisasi, sumber daya, dan transformasi organisasi. 

Hal-hal ini semakin menunjukkan pentingnya proses akreditasi yang praktis, cepat, dan interkonektif, sehingga rumah sakit dan setiap pemangku kepentingannya dapat lebih gesit dalam dinamika tata kelola terkait.

Selain sistem informasi LARS telah interkoneksi dengan sistem informasi Kementerian Kesehatan RI, LARS juga telah menggunakan aplikasi mobile dalam pelaksanaan akreditasi.

Interkoneksi antar berbagai sistem internal LARS dan dengan sistem yang dimiliki rumah sakit tengah terus dikembangkan pada berbagai aspek yang akan membentuk suatu ekosistem akreditasi dan mutu pelayanan kesehatan rumah sakit digital. 

Sehingga semakin mendukung komitmen LARS akan penjaminan mutu oleh pihak rumah sakit.

"Bagi LARS, terpenuhinya hak individu atas mutu layanan rumah sakit yang baik adalah merupakan tujuan utama," demikian Hanibal Hamidi.