Hujan-petir berpotensi landa 12 daerah di NTT menurut BMKG

id cuaca NTT,cuaca ekstrem,curah hujan NTT,waspada bencana NTT,BMKG,NTT

Hujan-petir berpotensi landa 12 daerah di NTT menurut BMKG

Ilustrasi - Hujan deras mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Suhu muka laut di NTT cukup hangat didukung dengan kelembaban pada lapisan atas yang cukup basah sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan
Kupang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai potensi hujan deras disertai petir yang berpeluang terjadi di sekitar 12 daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Potensi hujan disertai petir berpeluang terjadi karena saat ini suhu muka laut di NTT cukup hangat didukung dengan kelembaban pada lapisan atas yang cukup basah sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi di Kupang, Jumat, (10/6/2022).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini cuaca di wilayah NTT selama tiga hari ke depan (10-12 Juni).

Ke-12 daerah yang berpotensi dilanda hujan sedang hingga lebat disertai petir yaitu Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka.

Selain itu Lembata, Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Barat Daya.

Agung menjelaskan selain hujan disertai petir, potensi angin kencang berdurasi singkat juga berpeluang terjadi di daerah-daerah tersebut.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi di NTT tiga hari ke depan

"Potensi angin kencang juga dapat menyebabkan tumbangnya pohon, baliho, atau tiang perlu diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan warga di sekitar," katanya.

Baca juga: BMKG: Wilayah Rambangaru Sumba Timur alami HTH kategori ekstrem panjang

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspadai hujan-petir berpeluang landa 12 daerah di NTT
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022