Pemkab Mabar pasarkan produk UMKM lewat bazzar UMKM

id Umkm, manggarai barat, festival kopi, bazzar umkm, NTT

Pemkab Mabar pasarkan produk UMKM lewat bazzar UMKM

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng saat mengunjungi Bazzar UMKM dan Festival Kopi Flores di Sentra Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (22/6/2022) sore. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Nanti masuk ke e-katalog Produk UMKM Manggarai Barat. Jadi kita berharap orang dari luar daerah bisa belanja online...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur membantu memasarkan produk UMKM lewat Bazzar UMKM dan Festival Kopi Flores yang diselenggarakan hingga 25 Juni 2022 di Sentra Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo.

"Kita mau bina, pasarkan, bantu produk UMKM yang sudah mulai bangkit. Dengan kegiatan ini, produk UMKM yang ada bisa kita bantu pasarkan dan ditingkatkan," kata Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng saat mengunjungi Bazzar UMKM di Labuan Bajo, Rabu, (22/06/2022).

Melihat geliat UMKM yang terus meningkat di Labuan Bajo, pemerintah daerah harus mendukung agar segala produk dapat terserap di pasar.

Weng mengatakan pemerintah daerah harus memastikan produk yang dijual sudah memenuhi syarat kesehatan, termasuk memastikan segi pengemasan produk yang bagus dan menarik minat pembeli.

Selain itu, pemerintah akan bekerja sama dengan Dekranasda Manggarai Barat untuk membantu pelatihan, bahan, dan pemasaran produk UMKM. Pemerintah pun membangun komunikasi dengan kementerian terkait untuk membantu peralatan produksi bagi UMKM.

"Nanti masuk ke e-katalog Produk UMKM Manggarai Barat. Jadi kita berharap orang dari luar daerah bisa belanja online," kata Weng melanjutkan.

Weng menegaskan pemerintah kabupaten sangat mendukung kemajuan UMKM sebagai bagian dari kemajuan perekonomian daerah.

Dia menyebut fokus pemerintah ialah membina dan mengembangkan UMKM di seluruh Manggarai Barat sehingga perekonomian masyarakat semakin baik dan meningkat.

Selain Bazzar UMKM, acara empat hari itu diisi pula dengan Festival Kopi Flores dengan segala jenis kopi dari berbagai kabupaten di Pulau Flores.

Baca juga: Bupati Mabar optimis pembangunan RSUD Komodo menuju tipe A

Weng optimis manfaat pariwisata super premium Manggarai Barat bisa bermanfaat untuk daerah lain pula.

Baca juga: BPOLBF dukung kearifan lokal Mabar lewat bantuan alat budaya

"Kita patut berbangga dengan UMKM kita karena sudah ada standar yang baik dan penuhi syarat kesehatan, serta harga yang bersaing," ucap Weng.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022