Kaum muda NTT menggelar festival kreativitas pemuda sambut Sumpah Pemuda

id Sumpah pemuda, NTT,BNS Festival,Kota Kupang

Kaum muda NTT menggelar festival kreativitas pemuda sambut Sumpah Pemuda

Ketua Panitia BNS Festival 2022 sekaligus CEO Baomong Nonstop Andi Zulkifli (kiri) memberikan keterangan pers kepada wartawan di Kupang. ANTARA/Kornelis Kaha

...Walaupun berbeda suku dan agama, Pemuda NTT yang berada di Kupang tetap beraktivitas dengan rukun dan damai
Kupang (ANTARA) - Baomong Nonstop (BNS) Production sebuah platform digital yang fokus pada kreatifitas anak muda dalam dunia digital di NTT menginisiasi acara BNS Festival Sumpah Pemuda Episode I sambut Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang.

“Kami akan menggelarnya selama dua hari yakni pada 27 Oktober dan 28 Oktober memperingati Hari Sumpah Pemuda,” kata Ketua Panitia BNS Festival 2022 sekaligus CEO Baomong Nonstop Andi Zulkifli di Kupang, Kamis, (1/9/2022).

Penjualan tiket BNS Festival Episode I sendiri sudah mulai di buka per Kamis dan masyarakat di NTT bisa memesannya secara daring melalui website https://www.baomongnonstop.id.

Menurut dia BNS Festival dapat menjadi wadah mengekspresikan bakat dan minat dari para pemuda NTT khususnya yang sedang berada di Kota Kupang, sebagai ibukota provinsi NTT untuk merantau ataupun menempuh pendidikan.

“Walaupun berbeda suku dan agama, Pemuda NTT yang berada di Kupang tetap beraktivitas dengan rukun dan damai,” tambah dia.

Pada hari pertama BNS Festival Sumpah Pemuda pada tanggal 27 Oktober mendatang dibuka dengan pameran UMKM dan Komunitas , Lomba Fashion Show Karya Busana Terbaru, Lomba Modern Dance dan Lomba Stand Up Comedy.

Para pelaku UMKM yang terlibat berjumlah 22 orang. Kemudian lomba peraga busana terbaru juga akan diikuti oleh 22 peserta, lomba moderen dance juga akan diikuti oleh 22 peserta begitu juga dengan lomba Stand Up Comedy.

“Tentunya angka 22 ini, kami ambil karena saat ini tahun 2022,” tambah dia.

Sementara puncak acara di hari kedua tanggal 28 Oktober 2022, akan diadakan Local Music Fest dimana menampilkan Musisi Lokal Indonesia Timur yang sukses di kancah Musik Indonesia diantaranya Band Raprock Indie asal Kupang, HipToday!, Rapper Jackson Seran, Toton Caribo, Penyanyi Kenamaan seperti Justy Aldrin, Gihon Marel dan Mitty Sazia .

Pergelaran BNS Festival Sumpah Pemuda yang baru pertama kali dilakukan di NTT itu diharapkan dapat membuat pemuda pemudi di NTT untuk kembali bangkit dan bersatu untuk mencurahkan kreatifitasnya dan juga menjadi penggerak bagi generasi penerus yang ada di NTT dimulai dari Kota Kupang.

Disamping itu kegiatan itu juga sekaligus menjadi wadah berkreasi bagi insan muda kreatif di Indonesia Timur dengan didatangkannya para tokoh muda seniman dan musisi dalam kegiatan tersebut nanti.

Baca juga: Presiden Jokowi: Waktunya pemuda jadi pemimpin untuk menangkan kompetisi

Lebih lanjut kata dia, sebelum menuju ke puncak BNS Festival, anak-anak muda di BNS sendiri sudah melakukan sejumlah pre event dengan kegiatan "BNS Goes to School & Campus" .

Dalam kegiatan tersebut anak-anak muda diajarkan untuk dapat menjadi generasi muda yang cakap digital, memiliki etika digital yang positif dalam budaya digital dan mengutamakan keamanan digital.

Baca juga: Cerita 3 pemuda Indonesia bawa produk lokal mendunia

Literasi Digital yang diajarkan pada siswa-siswi SMA di Kupang dan Mahasiswa-mahasiswi Universitas di Kupang ini sebagai bentuk kepedulian pemuda kepada sesamanya dalam rangka mendukung pemuda NTT semakin cakap digital.