KPU Kabupaten Kupang bentuk tim verifikasi calon peserta Pemilu

id NTT,pemilu 2024,KPU kabupaten kupang,johanis tunbonat

KPU Kabupaten Kupang bentuk tim verifikasi calon peserta Pemilu

Pelaksana Harian Ketua KPU Kabupaten Kupang Johanis Tunbonat. (ANTARA/Benny Jahang)

...Kami tentu membentuk tim verifikasi yang nantinya bertugas melakukan verifikasi di lapangan untuk 23 partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Kupang. Tim ini ditugaskan untuk membantu KPU, sehingga proses verifikasi dilakukan dengan c
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, membentuk tim untuk memudahkan proses verifikasi faktual terhadap anggota partai dari 23 partai politik calon peserta Pemilu 2024 di daerah tersebut.

"Kami tentu membentuk tim verifikasi yang nantinya bertugas melakukan verifikasi di lapangan untuk 23 partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Kupang. Tim ini ditugaskan untuk membantu KPU, sehingga proses verifikasi dilakukan dengan cepat dan tepat," kata Pelaksana Harian Ketua KPU Kabupaten Kupang Johanis Tunbonat ketika dihubungi ANTARA dari Kupang, Jumat, (30/9/2022).

Menurut Johanis, sesuai peraturan dalam melakukan verifikasi faktual, KPU Pusat memberikan kewenangan kepada KPU tingkat kabupaten dan kota untuk membentuk tim verifikasi, baik dari pihak internal maupun eksternal.

Dia mengatakan KPU Kabupaten Kupang sangat memerlukan tim verifikasi faktual karena kondisi topografi di wilayah dengan 24 kecamatan itu sangat berat, dengan banyaknya wilayah di pedalaman dan keterbatasan akses transportasi.

Baca juga: Artikel - Merawat taman sari Indonesia, menolak politik identitas

"Kami sangat membutuhkan adanya tim verifikasi sehingga pelaksanaan verifikasi dilakukan dengan cepat sesuai waktu yang ditentukan," tambahnya.

Baca juga: Pendaftar perempuan panwaslu kecamatan di NTT tak penuhi kuota

Verifikasi yang dilakukan para petugas selain struktur kepengurusan juga berkaitan dengan anggota partai politik bersangkutan, apakah sesuai dengan data yang disampaikan ke KPU pusat atau tidak. Terkait biaya anggota tim verifikasi tersebut, katanya, KPU akan menganggarkan biaya untuk verifikasi partai politik tersebut.

"Kami belum melakukan rekrutmen karena masih menunggu petunjuk teknis dari KPU Pusat namun pasti ada tim verifikasi yang nantinya ditugaskan ke lapangan," ujarnya.