Bupati Mabar imbau warga perkuat prokes COVID-19 saat Natal

id Covid-19, hari natal, prokes, masker, labuan bajo, manggarai barat, ntt,Vaksinasi

Bupati Mabar imbau warga perkuat prokes COVID-19 saat Natal

Waterfront City, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Pastikan untuk tetap memakai masker guna mencegah risiko penularan COVID-19...

Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Edistasius Endi mengimbau warga  memperkuat penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 saat melakukan aktivitas dalam momen libur Natal 2022.

"Pastikan untuk tetap memakai masker guna mencegah risiko penularan COVID-19," kata Edistasius di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Sabtu, (24/12/2022).

Dia menjelaskan perayaan Natal 2022 masih berisiko terhadap penularan COVID-19. Namun, perayaan ini masih tetap bisa dimaknai dengan baik sembari menerapkan prokes seperti memakai masker.

Diakuinya lalu lintas dan pergerakan orang saat liburan Natal tidak bisa terhindari. Oleh karena itu, warga diminta untuk tetap memakai masker.

Selain menerapkan prokes, Bupati menyoroti pentingnya vaksinasi COVID-19 khususnya vaksinasi dosis tiga.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Manggarai Barat, persentase vaksinasi COVID-19 dosis satu di Manggarai Barat telah mencapai 89,05 persen atau menyasar 209.359 jiwa dari target 235.107 jiwa. Selanjutnya dosis dua sebesar 76,04 persen atau menyasar 178.874 jiwa.

"Cakupan vaksinasi dosis tiga baru mencapai 25,48 persen atau mencakup 41.640 jiwa dari target 163.415 jiwa. Ayo warga segera dosis tiga," kata Bupati.

Baca juga: Bupati apresiasi Kemenkes dukung sektor kesehatan Mabar

Tak lupa dalam momen Natal 2022 ini Bupati meminta warga untuk menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan banyak minum air putih.

Baca juga: Mabar buka akses pasar UMKM lewat Expo Ekonomi Kreatif

"Apalagi Natal kali ini berlangsung di tengah musim hujan. Jadi, pastikan jaga imunitas tubuh agar liburan tetap sehat," katanya.