Pelindo catat belasan ribu penumpang melintasi pelabuhan Tenau Kupang

id pelabuhan tenau kupang,pelabuhan tenau,pelindo

Pelindo catat belasan ribu penumpang melintasi pelabuhan Tenau Kupang

Arsip. Sejumlah penumpang kapal turun dari salah satu kapal Pelni di pelabuhan Tenau Kupang. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Walaupun cuaca buruk namun pergerakan penumpang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir, kata GM PT Pelindo Regional 3 Cabang Tenau Kupang Agus Setiawan Nazar di Kupang, Kamis, (12/1/2023)
Kupang (ANTARA) - Manajemen PT. Pelindo Regional 3 Cabang Tenau Kupang melaporkan bahwa selama arus balik Natal dan Tahun Baru 2023 jumlah penumpang kapal yang melintas melalui pelabuhan Tenau Kupang mencapai kurang lebih 12.955 penumpang.

"Walaupun cuaca buruk namun pergerakan penumpang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir," kata GM PT Pelindo Regional 3 Cabang Tenau Kupang Agus Setiawan Nazar di Kupang, Kamis, (12/1/2023).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan pergerakan penumpang kapal laut yang singgah di pelabuhan tersebut walaupun cuaca buruk masih terjadi di NTT.

Dia menjelaskan bahwa 12.955 penumpang itu terdiri dari penumpang yang turun dan juga penumpang yang berangkat melalui pelabuhan itu menggunakan kapal Pelni dan kapal cepat yang rutenya melalui pelabuhan itu.

Dari jumlah tersebut dia pun merincikan kurang lebih untuk penumpang kapal yang turun mencapai 6.249 orang, sementara yang berangkat atau naik kapal mencapai 6.706 orang.

Perkembangan pergerakan penumpang kapal dengan jumlah penumpang yang cukup tinggi di awal Tahun 2023 ini merupakan hal yang positif.

Mengingat saat ini kasus COVID-19 sudah mulai mereda dn pemerintah juga sudah menarik kembali aturan tentang PPKM, sehingga orang yang bepergian juga jumlahnya semakin tinggi.


Sementara itu untuk jalur penerbangan, manajemen PT Angkasa Pura I Bandara EL Tari juga melaporkan bahwa pergerakan penumpang pesawat melalui bandara El Tari mencapai 35.870 orang.

"Jumlah itu terhitung dari tanggal 1 hingga 11 Januari dengan rata-rata setiap hari jumlah penumpang yang tiba kurang lebih berkisar dari 1600an sampai 1800an penumpang," tambah Humas Bandara EL Tari Kupang Devi Budihandayani.

Sementara penumpang yang berangkat jumlah setiap harinya berkisar dari 1500an penumpang sampai dengan 1700an penumpang pesawat.


Baca juga: Pelindo mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Sumba Timur

Baca juga: Pelindo siapkan tempat untuk PKL di Pelabuhan Tenau Kupang