Wakil Bupati Kupang dukung pembentukan DOB Amfoang

id NTT,amfoang,daerah otonom baru,kabupaten kupang,DOB Amfoang

Wakil Bupati Kupang dukung pembentukan DOB Amfoang

Wakil Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jerry Manafe (ANTARA/Benny Jahang)

...Gagasan untuk membentuk daerah otonom baru Amfoang  merupakan aspirasi yang diperjuangakan sejak lama dan menjadi impian masyarakat Amfoang karena daerah itu sudah sangat layak menjadi daerah otonom, kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe di Kupang
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jerry Manafe mengatakan mendukung terhadap gagasan dan perjuangan masyarakat Amfoang yang  berada di wilayah berbatasan dengan Oecusse Timor Leste untuk membentuk Daerah Otonom Baru (DOB) Amfoang.

"Gagasan untuk membentuk daerah otonom baru Amfoang  merupakan aspirasi yang diperjuangakan sejak lama dan menjadi impian masyarakat Amfoang karena daerah itu sudah sangat layak menjadi daerah otonom," kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe di Kupang Sabtu, (14/1/2023).

Jerry Manafe  mengatakan hal itu terkait aspirasi  masyarakat Amfoang yang berbatasan dengan Oecusse Timor Leste  yang sudah sejak lama  menginginkan menjadi DOB.

Ia mengatakan wilayah Amfoang termasuk daerah yang secara geografis  sangat jauh dari  pusat pemerintahan Kabupaten Kupang di Oelamasi dan harus melintasi puluhan sungai apabila berpergian ke wilayah Amfoang.

Menurut dia sumber daya alam yang dimiliki Amfoang bisa mendukung ekonomi sebagai DOB karena berbagai hasil bumi yang sangat melimpah  merupakan motor penggerak roda ekonomi masyarakat setempat.

Selain itu kata dia dukungan sumber daya manusia sudah memadai sehingga dapat mendukung pembangunan apabila menjadi daerah otonom baru.

Dia mengatakan, berbagai fasilitas pendukung sudah dibangun Pemerintah pusat di kawasan perbatasan dengan Oecusse Timor Leste seperti rumah sakit pratama sehingga tentu bisa menjadi salah satu pertimbangan dari Pemerintah Pusat untuk menetapkan Amfoang sebagai DOB.

"Masyarakat Amfoang harus bisa bersatu apabila memiliki tekad untuk menjadikan Amfoang sebagai DOB. Perjuangan untuk menjadi DOB harus terus dilakukan sehingga DOB bisa terwujud," kata Jerry Manafe.

Jerry Manafe mengatakan secara wilayah pemerintahan Amfoang yang terdiri dari enam kecamatan tentu sudah memenuhi syarat untuk menjadi satu daerah otonom baru.

"Infrastruktur jalan sudah ada, bahkan rumah sakit pratama segera dibangun tahun 2023 di Naikliu sehingga semakin lengkap infrastruktur di kawasan Amfoang menuju daerah otonom baru," tegasnya.

Dukungan perjuangan untuk pembentukan DOB Amfoang juga sempat disampaikan Jerry Manafe dalam kegiatan natal dan tahun baru bersama keluarga Amfoang di Kabupaten Kupang beberapa waktu lalu.

Baca juga: Korban terseret banjir di Amfoang ditemukan sudah meninggal
Baca juga: Artikel - Menyiapkan generasi sehat di beranda negeri