Kapolda NTT : 120 personel berjaga di lokasi longsor Takari

id Longsor, Kabupaten Kupang, Upaya menjaga keamanan di lokasi longsor

Kapolda NTT : 120 personel berjaga di lokasi longsor Takari

Arsip.Sejumlah kendaraan logistik yang membawa sembako dan kebutuhan masyarakat lainnya tak bisa melintas akibat jalur yang dilalui tertutup longsor di kilometer 73 Jalan Trans Pulau Timor, di Desa Nolemina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, NTT, Senin (20/2/2023). ANTARA/Kornelis Kaha

Ada sekitar 120 personel yang kami terjunkan untuk menjaga keamanan di lokasi longsor Takari...
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Johanis Asadoma mengatakan bahwa sebanyak 120 personel kepolisian diterjunkan untuk menjaga keamanan di lokasi longsor di Desa Noelmina , Kabupaten Kupang.

“Ada sekitar 120 personel yang kami terjunkan untuk menjaga keamanan di lokasi longsor Takari, “ katanya kepada wartawan di Kupang, Sabtu, (25/2/2023) terkait upaya kepolisian menjaga keamanan di kawasan longsor yang mengakibatkan antrean kendaraan mencapai kurang lebih dua sampai tiga kilometer.

Sebelumnya pada Jumat (17/2)  terjadi longsor setinggi 20 meter dengan panjang 300 meter di Desa Noelmina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang yang kemudian menutup akses jalan trans pulau Timor.

Akibat bencana tersebut mengakibatkan akses jalan yang menghubungkan Kupang dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Kabupaten Malaka, Kabupaten Belu bahkan negara Timor Leste, terputus.

Longsor tersebut juga mengakibatkan pasokan logistik seperti bahan sembako ke empat kabupaten di pulau Timor itu terhenti. Bahkan impor bahan baku dari NTT ke Timor Leste juga terhenti karena hal tersebut.

Bahkan sempat membuat akses jalur transportasi di pulau Timor lumpuh total, karena kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melintas di lokasi itu.

Ia mengatakan bahwa kehadiran ratusan personel kepolisian gabungan dari Polres TTS dan Kabupaten Kupang serta Polresta Kupang Kota itu bertujuan untuk menjaga keamanan dan mengurai kemacetan di daerah itu.

“Sampai saat ini kondisi keamanan di lokasi bencana longsor kondusif walaupun antre sangat panjang di daerah itu,” ujar dia.

Kapolda NTT mengapresiasi para pengendara bermotor yang sabar mengikuti arahan kepolisian yang bertugas mengurai kemacetan di lokasi longsor.

Ia mengatakan bahwa saat ini kendaraan roda dua dan empat yang melintas dilakukan dengan sistem buka tutup per setengah jam, dengan tujuan agar para pengendara bermotor bisa melintas semuanya baik dari arah Kupang atau bahkan sebaliknya.

Baca juga: Pemerintah diminta percepat bangun jalan alternatif di Takari

Baca juga: Kapolda NTT : Kendaraan logistik belum bisa melintas di lokasi longsor



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolda : 120 personel Polri berjaga di lokasi longsor di Kupang