Dishub NTT: Pelayaran ferry ditambah dukung pelaksanaan Semana Santa

id Semana santa, paskah 2023, layanan ferry untuk seman santa, pelayaran tambahan, layanan ferry ntt, asdp, dinas perhubung

Dishub NTT: Pelayaran ferry ditambah dukung pelaksanaan Semana Santa

Ilustrasi - Seumlah kapal Ferry berlabuh di Pelabuhan Bolok, Kabupaten Kupang, NTT. (ANTARA/Kornelis Kaha)

Pelayaran ferry Kupang-Larantuka yang sebelumnya dua kali dalam seminggu ditambah menjadi enam kali guna mendukung penyelenggaraan prosesi rohani Semana Santa di Larantuka tahun 2023...
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur Isyak Nuka mengatakan layanan pelayaran kapal ferry rute Kupang-Larantuka ditambah menjadi enam kali untuk mendukung pelaksanaan prosesi Semana Santa menyambut perayaan Hari Raya Paskah di Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

"Pelayaran ferry Kupang-Larantuka yang sebelumnya dua kali dalam seminggu ditambah menjadi enam kali guna mendukung penyelenggaraan prosesi rohani Semana Santa di Larantuka tahun 2023," katanya di Kupang, Rabu, (29/3/2023).

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan layanan transportasi laut untuk menunjang pelaksanaan kegiatan keagamaan prosesi Semana Santa menyambut Hari Raya Paskah di Kabupaten Flores Timur, NTT.

Ia menjelaskan pelayaran tambahan tersebut akan dilayani menggunakan armada ferry yang disediakan oleh pihak ASDP Cabang Kupang.

Pelayaran reguler ferry rute Kupang-Larantuka yang sudah ada setiap hari Kamis dan Minggu ditambah empat kali pelayaran sehingga akan berlangsung mulai dari Kamis 30 Maret, Sabtu 1 April, Minggu 2 April, Senin 3 April, Rabu 5 April, dan hari Kamis 6 April.

Dengan pelayaran tambahan ini, kata dia, maka akan mempermudah akses transportasi bagi warga atau peziarah dari wilayah Pulau Timor menuju Larantuka melalui jalur laut.

"Kapasitas muat ferry sebanyak 500-650 orang penumpang dalam setiap pelayaran," katanya.

Isyak mempersilahkan warga memanfaatkan layanan pelayaran tambahan melalui pembelian tiket yang dijual secara daring pada gerai penjualan di Pelabuhan Bolok, Kabupaten Kupang.

Prosesi Semana Santa merupakan kegiatan perayaan keagamaan bagi umat Kristiani dalam menyambut Hari Raya Paskah di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur.

Pelaksanaan kegiatan rohani yang menjadi salah satu kegiatan pariwisata nasional itu kerap dihadiri banyak orang dari berbagai daerah di Tanah Air maupun warga negara asing dari berbagai negara.


Baca juga: Ratusan personel kepolisian disiapkan amankan Semana Santa

Baca juga: Keuskupan Larantuka buka kembali Semana Santa 2023