Kemenhub: Layanan bus ALBN Kupang-Dili dilanjutkan dengan angkutan barang

id layanan bus kupang-dili,layanan albn kupang-dili,tranportasi kupang-dili,kerja sama ri-timor leste,kementerian perhubung

Kemenhub: Layanan bus ALBN Kupang-Dili dilanjutkan dengan angkutan barang

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno memberikan sambutan dalam acara peluncuran layanan bus Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) rute Kupang-Dili di Terminal Penumpang Tipe A Bimoku Kota Kupang, Kamis (30/3/2023). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Sekarang layanan bus ALBN Kupang-Dili ini untuk angkutan orang, namun ke depan dilanjutkan dengan adanya kerja sama untuk angkutan barang...
Kupang (ANTARA) - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno mengatakan layanan bus Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) rute Kupang-Dili yang mulai beroperasi akan dilanjutkan dengan pembukaan layanan angkutan barang untuk rute antarnegara.

"Sekarang layanan bus ALBN Kupang-Dili ini untuk angkutan orang, namun ke depan dilanjutkan dengan adanya kerja sama untuk angkutan barang," katanya dalam acara peluncuran layanan bus ALBN Kupang-Dili di Terminal Penumpang Tipe A Kota Kupang, Kamis, (30/3/2023).

Ia mengatakan angkutan barang rute antarnegara dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia, ke Dili, Timor Leste penting dihadirkan karena potensi ekonomi di wilayah perbatasan NTT dengan Timor Leste sangat luar biasa.

Hendro menjelaskan berdasarkan pengalaman kerja sama bidang transportasi darat untuk angkutan orang dan barang seperti dengan Malaysia dan Brunei Darusalam, menunjukkan dampak yang sangat positif dalam memperkuat daya saing dan pertumbuhan ekonomi di kawasan perbatasan negara.

Oleh karena itu, kata dia, diharapkan dengan adanya layanan bus komersial Kupang-Dili dan disusul dengan kerja sama untuk angkutan barang dapat menumbuhkan ekonomi di NTT.

"Ini harus kita dukung bersama sehingga pertumbuhan ekonomi akan terjadi wilayah perbatasan kedua negara," katanya.

Hendro juga mengajak para pihak untuk mendukung pengusaha-pengusaha angkutan barang agar nantinya bisa melayani rute Kupang-Dili.

Selain itu, kata dia, layanan bus pariwisata juga perlu didorong bersama guna menumbuhkan sektor pariwisata di NTT.

Acara peluncuran diikuti secara langsung oleh Dirjen Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Constantino Ferreira Suarez, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat bersama jajaran forkopimda serta disaksikan secara virtual oleh Presiden Timor Leste José Manuel Ramos-Horta dari Dili.

Baca juga: Pemerintah Timor Leste inginkan konektivitas maritim Kupang-Dili

Baca juga: Kemenhub luncurkan layanan bus lintas batas negara Kupang-Dili






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub: Layanan bus ALBN Kupang-Dili dilanjutkan angkutan barang