Kapolda: Pergeseran pasukan untuk KTT ASEAN pada 30 April

id NTT, Polda NTT,KTT ASEAN,pengamanan KTT ASEAN

Kapolda: Pergeseran pasukan untuk KTT ASEAN pada 30 April

Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma. (ANTARA/Kornelis Kaha)

...Untuk pergeseran pasukan Polda NTT ke Labuan Bajo mulai dilakukan pada 30 April mendatang ke Labuan Bajo, kata Johanis di Kupang, NTT, Jumat, (21/4/2023)
Kupang (ANTARA) - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Johanis Asadoma mengatakan pergeseran pasukan untuk pengamanan pelaksanaan KTT ASEAN 2023 akan dilakukan pada 30 April mendatang.

"Untuk pergeseran pasukan Polda NTT ke Labuan Bajo mulai dilakukan pada 30 April mendatang ke Labuan Bajo," kata Johanis di Kupang, NTT, Jumat, (21/4/2023)

Dia mengatakan hal itu berkaitan dengan kesiapan personel keamanan dalam menjaga keamanan pelaksanaan KTT ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, NTT, pada 9-11 Mei.

Johanis menambahkan sejumlah personel yang berjumlah sekitar 1.660 orang itu akan tiba di Labuan Bajo pada 2 Mei.

"Sengaja tiba pada tanggal begitu karena nanti masih harus latihan bersama lagi sebelum pengamanan pada hari H," imbuhnya.

Nantinya, lanjutnya, akan ada pula tambahan personel dari Mabes Polri yang membantu, mendukung, dan menjaga keamanan di Labuan Bajo selama KTT ASEAN.

Mantan Kadiv Hubinter Polri itu mengatakan untuk pengamanan para menteri dan delegasi dari negara anggota ASEAN akan dikawal oleh aparat kepolisian.

"Inikan pertemuan kepala negara, sehingga yang menjadi leading sector adalah TNI; Polri hanya mendukung saja. Jika ada yang kurang-kurang, namun ada juga pertemuan tingkat menteri-menteri, yang tentunya menjadi tanggung jawab Polri," ujar Johanis.

Partisipasi masyarakat, khususnya di Labuan Bajo, sangat diperlukan. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bersama sama mendukung pelaksanaan KTT ASEAN agar berjalan kondusif. Hingga kini, situasi dan keamanan di NTT berjalan dengan kondusif.

Baca juga: Labuan Bajo prepares 1,156 hotel rooms for ASEAN Summit delegates

Baca juga: TNI chief reviews Labuan Bajo's readiness for ASEAN Summit