Dokter bilang Nutrisi tertentu bantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV

id sinar UV,merawat kulit,melindungi kulit dari sinar UV,nutrisi untuk kulit

Dokter bilang Nutrisi tertentu bantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV

Ilustrasi anak berjemur di bawah sinar matahari. (Antara/Shutterstock)

...Makanan dan nutrisi tertentu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV," kata anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) itu kepada ANTARA, Rabu, (26/4/2023)
Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dr Arini Widodo, SpKK mengatakan bahwa di samping menggunakan tabir surya, beberapa makanan dan nutrisi tertentu juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV).

"Makanan dan nutrisi tertentu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV," kata anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) itu kepada ANTARA, Rabu, (26/4/2023).

Arini menjelaskan, nutrisi-nutrisi tersebut di antaranya antioksidan, asam lemak omega-3, karotenoid, vitamin C, vitamin E, hingga polifenol.

Menurut dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu, antioksidan dapat membantu menetralisir radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar UV yang dapat merusak sel-sel kulit.

"Makanan kaya antioksidan meliputi buah-buahan dan sayuran seperti beri, sayuran berdaun hijau, dan paprika, Kemudian juga kacang-kacangan dan biji-bijian utuh," kata Arini.

Sedangkan asam lemak omega-3, dikatakan Arini, memiliki sifat anti-inflamasi dan mungkin dapat membantu melindungi dari luka bakar matahari dan kerusakan kulit lainnya yang disebabkan oleh radiasi UV,

Adapun makanan yang kaya asam lemak omega-3 meliputi ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden, kacang walnut, biji rami, dan biji chia.

Kemudian karotenoid, merupakan pigmen yang ditemukan di tumbuhan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Karotenoid dapat ditemukan di wortel, ubi jalar, tomat, dan semangka.


Baca juga: Kesehatan - Mahal, alasan orang enggan ke dokter gigi

Baca juga: Layanan "Teledentistry" menjawab tantangan pemerataan dokter gigi






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nutrisi tertentu bantu lindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV