Artikel - Mengenal Phnom Penh, lokasi utama ajang SEA Games Kamboja

id sea games,sea games kamboja,sea games 2023,artikel olahraga

Artikel - Mengenal Phnom Penh, lokasi utama ajang SEA Games Kamboja

Stadion Nasional Morodok Techo saat dipotret pada 18 Desember 2021. (ANTARA/AFP/MILLER)

...Phnom Penh, sebagai ibu kota negara, merupakan pusat ekonomi dan budaya yang berkembang cukup pesat. Dikutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata Kamboja, terjadi peningkatan jumlah turis bersamaan dengan akomodasi pelengkapnya
Jakarta (ANTARA) - Phnom Penh yang menjadi lokasi utama penyelenggaraan SEA Games ke-32 pada 5 hingga 17 Mei 2023, tak hanya terkenal sebagai metropolis dari Kamboja, tapi juga memiliki banyak hal menarik.

Berikut ini beberapa hal menarik untuk diketahui bahkan dikunjungi oleh para pelancong, khususnya penggemar olahraga yang datang langsung ke Kamboja untuk menonton pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara yang tinggal menghitung hari tersebut.

Stadion Nasional Morodok Techo

Pertama, adalah Stadion Nasional Morodok Techo, yang terletak di pinggiran utara ibu kota. Stadion yang merupakan tempat utama dari Kompleks Olahraga Nasional Morodok Techo itu akan menjadi tempat pembukaan SEA Games tahun ini.

Dibangun khusus untuk perhelatan SEA Games, struktur stadion dirancang menyerupai kapal layar sebagai peringatan hubungan Kamboja-China, mengingat pemerintah China memberikan bantuan 1,1 miliar yuan China untuk pembangunannya.

Tak hanya ditargetkan untuk penyelenggaraan SEA Games dan ASEAN Para Games, Stadion Nasional Morodok Techo juga diciptakan untuk menjadi tuan rumah acara olahraga besar lainnya, seperti Asian Youth Games pada 2029.

Untuk klaster Phnom Penh sendiri, para atlet dari berbagai cabang olahraga juga akan bertanding di beberapa venue lainnya seperti Chroy Changvar Venue, Federation of Youth Hall Venue, hingga venue Universitas Phnom Penh.
Para pelari mengikuti international half marathon di depan Istana Kerajaan Kamboja (Royal Palace) di Phnom Penh pada 17 Juni 2012. (ANTARA/AFP/TANG CHHIN SOTHY)

Pusat ekonomi dan budaya