Rp76,17 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Lewoleba

id pelabuhan lewoleba lembaga,pelabuhan laut di ntt,pengembangan pelabuhan ntt,kinerja apbn untuk ntt,apbn untuk infrastruk

Rp76,17 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Lewoleba

Sejumlah warga menyaksikan suasana Pelabuhan Lewoleba di Kabupaten Lembata, NTT, dari atas kapal Pelni yang berlabuh pada malam hari. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Dana APBN senilai Rp76,17 miliar dikucurkan secara bertahap untuk lanjutan pengembangan Pelabuhan Lewoleba guna meningkatkan pelayanan jasa angkutan penumpang dan barang untuk masyarakat...
Kupang (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengucurkan anggaran senilai Rp76,17 miliar untuk mendukung pengembangan Pelabuhan Lewoleba di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, pada 2023.

"Dana APBN senilai Rp76,17 miliar dikucurkan secara bertahap untuk lanjutan pengembangan Pelabuhan Lewoleba guna meningkatkan pelayanan jasa angkutan penumpang dan barang untuk masyarakat," kata Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT Kemenkeu Catur Ariyanto Widodo di Kupang, Kamis, (27/4/2023).

Catur menjelaskan pengembangan Pelabuhan Lewoleba merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dijalankan di NTT pada 2023.

Ia menyebutkan dari nilai kontrak proyek sebesar Rp76,17 miliar, telah disalurkan anggaran pada triwulan I sebesar 20 persen dengan progres pembangunan fisik 19,12 persen.

Pelabuhan Lewoleba memiliki peran strategis untuk persinggahan kapal kargo maupun menjadi salah satu titik persinggahan kapal Pelni yang masuk dan keluar wilayah NTT.

Catur mengatakan, pengembangan infrastruktur sektor perhubungan itu diharapkan nantinya dapat memacu dan memperlancar roda perekonomian daerah, selain itu terciptanya keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa kapal laut.

Ia mengatakan, mengingat pengembangan pelabuhan itu merupakan bagian dari proyek strategis nasional dengan dukungan APBN maka, perlu dukungan berbagai elemen warga untuk terus mengawal pelaksanaan guna memastikan berjalan dengan lancar hingga tuntas.

"APBN merupakan milik semua warga sehingga pelaksanaannya perlu terus dikawal agar hasil pembangunan bisa memberikan manfaat yang optimal bagi peningkatan kesejahteraan bersama," katanya.

Baca juga: Kemenkeu: Pembangunan tiga bendungan di NTT berlanjut pada 2023

Baca juga: Kemenkeu sebut tiga proyek pengendalian banjir dikerjakan di NTT pada 2023








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkeu kucurkan Rp76,17 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Lewoleba