Delegasi AMMTC nikmati parade penyambutan di Labuan Bajo

id ammtc,kapolri,parade penyambutan,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores

Delegasi AMMTC nikmati parade penyambutan di Labuan Bajo

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama delegasi ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 yang telah hadir menikmati parade penyambutan dari Akademi Kepolisian, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Minggu (20/8/2023). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Beberapa agenda kegiatan AMMTC ke-17, yakni Preparatory ASEAN SOMTC for AMMTC, AMMTC Plenary, serta AMMTC Consultations dengan mitra dialog...
Labuan Bajo (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama delegasi ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 yang telah hadir di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menikmati parade penyambutan yang ditampilkan dari Akademi Kepolisian dan masyarakat umum, Minggu sore.

Parade penyambutan dimulai dari Kirab Drum Corps Pelopor Cendrawasih Akademi Kepolisian. Mereka membawakan beberapa atraksi yang disambut tepuk tangan meriah dari Kapolri dan para delegasi yang hadir.

Acara penyambutan selanjutnya ditampilkan juga para taruna yang membawakan Kolone Senapan. Gerakan yang rapi menunjukkan bukti bahwa para taruna berlatih dengan disiplin dan penuh konsentrasi tinggi.

Setelah atraksi menarik dari taruna dan taruni, Kapolri dan delegasi AMMTC ke-17 menikmati atraksi Caci yang menjadi tarian khas Manggarai.

Selanjutnya ada pula pawai pembangunan yang diikuti oleh masyarakat umum dari berbagai etnis yang tinggal di Labuan Bajo.

Usai menikmati karnaval sebagai parade penyambutan, Kapolri yang bertindak selaku Ketua AMMTC ke-17 bersama peserta AMMTC yang ditentukan pun menikmati sunset cruise dan welcome cocktail di Perahu Loko Sae Pinisi.

AMMTC ke-17 berlangsung mulai tanggal 20 Agustus hingga 23 Agustus 2023 dan diikuti 10 menteri negara ASEAN beserta anggota delegasinya, serta delegasi tiga mitra dialog, yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan.

Selain itu ada Timor Leste sebagai observer, Chairman Directors-General of Immigration Departments and Heads of Consular Affairs Divisions of the Ministries of Foreign Affairs (DGICM), dan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Beberapa agenda kegiatan AMMTC ke-17, yakni Preparatory ASEAN SOMTC for AMMTC, AMMTC Plenary, serta AMMTC Consultations dengan mitra dialog.

Baca juga: Police to highlight domestic crimes at 17th AMMTC in Labuan Bajo

Pada akhir pertemuan plenary, ada penandatangan nota kesepahaman dengan enam negara ASEAN untuk peningkatan kerja sama bilateral kepolisian dalam penanggulangan kejahatan transnasional.


Baca juga: Kapolri harap adanya kerja sama di AMMTC berantas kejahatan transnasional


Selain itu, ada pula penyampaian kesimpulan berbagai pertemuan dan deklarasi sebagai pernyataan sikap yang disepakati untuk diimplementasikan pascapertemuan tersebut.







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolri dan peserta AMMTC nikmati parade penyambutan di Labuan Bajo