Gelombang tinggi diprakirakan hampiri sebagian perairan NTT

id gelombang tinggi,perairan NTT,cuaca perairan

Gelombang tinggi diprakirakan hampiri sebagian perairan NTT

Arsip Foto - Daerah perairan Lewoleba di Kabupaten Lembata, Provinsi NTT. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Warga yang tinggal maupun beraktivitas di daerah pesisir sebaiknya juga mewaspadai potensi munculnya gelombang tinggi...
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga untuk mewaspadai kemungkinan munculnya gelombang tinggi di beberapa bagian wilayah perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) dari 9 sampai 10 September 2023.

"Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, karena tinggi gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Kupang-Rote," kata Pelaksana Tugas Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Agung Sudiono Abadi, dari Kupang, Sabtu, (9/9/2023).

Agung menyampaikan bahwa gelombang setinggi 1,25 sampai 2,5 meter selama 9 sampai 10 September juga berpeluang muncul di Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Samudra Hindia selatan Sumba-Sabu, dan Samudra Hindia selatan Kupang-Rote.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang 4 - 6 meter dua hari ke depan

Dia mengingatkan nelayan dan operator sarana transportasi laut untuk mewaspadai risiko munculnya gelombang tinggi di bagian wilayah perairan NTT.

Baca juga: Pelaku wisata diimbau waspada angin kencang di perairan TN Komodo

Warga yang tinggal maupun beraktivitas di daerah pesisir, menurut dia, sebaiknya juga mewaspadai potensi munculnya gelombang tinggi.