Hujan dan angin kencang berpeluang landa sejumlah wilayah

id potensi hujan,angin kencang,kebakaran hutan lahan,Cuaca

Hujan dan angin kencang berpeluang landa sejumlah wilayah

Arsip Foto - Mendung penanda hujan meliputi langit di atas Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (ANTARA/Bayu Pratama S)

Warga diminta tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapun guna meminimalkan kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan...
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini perihal peluang terjadinya hujan yang dapat disertai petir serta angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia pada Minggu, (24/9/2023).

Menurut siaran informasi BMKG, hujan yang dapat disertai petir berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara, dan Papua Barat.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan di atas 45 km per jam di bagian wilayah Provinsi Aceh, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Barat.

Di samping itu, BMKG menyampaikan bahwa curah hujan yang rendah dan peningkatan suhu udara dapat meningkatkan kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan di bagian wilayah Provinsi Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Warga diminta tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapun guna meminimalkan kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga: BMKG prakirakan musim hujan di NTT mundur dari normal

Baca juga: Gelombang tinggi berpeluang hampiri sejumlah perairan







 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hujan dan angin kencang berpeluang terjadi di sejumlah provinsi