Bupati Masneno minta LSM bekerja sama tingkatkan kualitas pendidikan

id NTT,pendidikan,literasi,kabupaten kupang

Bupati Masneno minta LSM bekerja sama tingkatkan kualitas pendidikan

Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno (ANTARA/Benny Jahang)

...Mari berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan untuk anak-anak kita yang merupakan investasi berharga, karena masa depan bangsa dan negara ada di tangan mereka, khususnya di wilayah Kabupaten Kupang
Kupang (ANTARA) - Bupati Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Korinus Masneno, meminta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang membidangi pendidikan bekerja secara kolaboratif dengan pemerintah dalam membangun sektor pendidikan demi meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu.

"Pemerintah sebagai penyelenggara negara tentu menjadikan sektor pendidikan sebagai pelayanan dasar program prioritas. Namun tentu tidak bisa bekerja sendiri, sehingga sangat membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk bekerja secara kolaboratif dalam membangun sektor pendidikan di Kabupaten Kupang," kata Bupati Korinus Masneno di Kupang, Rabu, (1/11/2023).

Ia mengatakan hal itu terkait upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa guna mendongkrak kualitas pendidikan.

Ditegaskannya, pemerintah membutuhkan dukungan berbagai pihak, terutama LSM yang membidangi pendidikan untuk ikut membangun sektor pendidikan di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse Timor Leste itu.

Kendati pemerintah, kata dia, telah mengalokasikan anggaran pendidikan setiap tahun, namun kenyataannya masih belum mampu menangani berbagai masalah, mulai dari sekolah yang kekurangan ruang kelas dan fasilitas penunjang lainnya.

Bahkan, menurut dia, masih ada sekolah yang kekurangan tenaga pendidik akibat lokasi sekolah yang sangat jauh serta masih banyak tenaga pendidik yang belum memenuhi kualifikasi pendidikan yang diharapkan.

Baca juga: Ombudsman NTT berharap pelajar belum bayar iuran tak dipulangkan

"Mari berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan untuk anak-anak kita yang merupakan investasi berharga, karena masa depan bangsa dan negara ada di tangan mereka, khususnya di wilayah Kabupaten Kupang," kata Bupati Korinus Masneno.

Ia menambahkan kebutuhan terhadap tenaga pendidik juga merupakan hal yang penting dalam mendukung pembangunan pendidikan yang berkualitas.

Baca juga: Artikel - Pendidikan dan mimpi kemajuan Indonesia

"Apa arti sebuah gedung tanpa kualitas pendidikan bagi anak-anak. Kami mengajak para pendidik baik di lembaga pendidikan SD maupun SMP untuk bersatu padu meningkatkan mutu layanan pendidikan di Kabupaten Kupang. Meski sekolah darurat, otak tidak boleh darurat. Kami tidak ingin melihat lagi ada sekolah beratap daun di Kabupaten Kupang," ucapnya.