Kapolres Manggarai Barat ajak warga jaga kelestarian lingkungan

id NTT,tanam pohon,penghijauan,Polres manggarai barar

Kapolres Manggarai Barat ajak warga jaga kelestarian lingkungan

Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat Ny. Iing Ari Satmoko (kiri) melakukan penanaman bibit pohon sebagai wujud dukungan untuk menjaga kelestarian lingkungan alam. (ANTARA/HO-Humas Polres Manggarai Barat)

Kita coba memperbaiki kerusakan lingkungan meskipun sedikit tetapi setidaknya kita sudah berusaha melakukan upaya untuk menanam pohon...
Kupang (ANTARA) - Kapolres Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, AKBP Ari Satmoko mengajak warga di wilayah itu untuk terus melakukan gerakan menanam pohon demi menjaga kelestarian dan keselamatan lingkungan alam.

"Aksi penanaman bibit pohon dilakukan para anggota Bhayangkari merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan sebagai wujud nyata partisipasi dan keikutsertaan Bhayangkari dalam menjaga keselamatan dan kelestarian alam," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (8/12/2023).

Kegiatan penanam pohon dalam rangkaian 'Bhayangkari Peduli Lingkungan secara langsung untuk menjaga ketersediaan oksigen bagi kebutuhan manusia.

Prosesi penanaman bibit pohon yang berlangsung di Gereja GMIT Gunung Salmon Pos Pelayanan Nggorang dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko beserta Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat, Ny. Iing Ari Satmoko.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Majelis Jemaat Gereja GMIT Gunung Salmon, Pendeta Hendrik Kudji Rihi, Pejabat Utama (PJU) Polres Manggarai Barat dan Kapolsek Komodo, AKP Andrew Agrifina Prama Putra serta para pengurus Bhayangkari Cabang Manggarai Barat.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko menyampaikan penanaman bibit pohon bersama pengurus Bhayangkari ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar.

"Lingkungan kita semakin hari semakin rusak yang disebabkan oleh perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab yang menjarah dan menebang pohon seenaknya, sehingga menyebabkan bencana dimana-mana," katanya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Bhayangkari dan Polres Manggarai Barat merupakan tindakan antisipasi dengan melakukan penanaman bibit pohon atau penghijauan.

"Kita coba memperbaiki kerusakan lingkungan meskipun sedikit tetapi setidaknya kita sudah berusaha melakukan upaya untuk menanam pohon. Menanam pohon tidak ada ruginya, justru akan membawa kebaikan," katanya.

Ia mengungkapkan manfaat pohon selain sebagai sumber oksigen dan menyerap emisi karbon, pohon juga menjadi penyejuk di saat matahari bersinar dengan teriknya sehingga dibutuhkan pohon yang banyak.

Baca juga: Polres Mabar ingatkan parpol peserta pemilu terkait STTP

Karena itu menanam satu pohon akan mendapat sejuta manfaat untuk masa depan.

Baca juga: Polres Mabar salurkan bantuan bagi korban kebakaran di Kuwus

Dalam kegiatan penanaman pohon dilakukan para anggota Bhayangkari Polres Manggarai Barat terdiri atas bibit pohon jambu cristal dan pohon ketapang.