Manggarai siapkan pojok baca digital bagi masyarakat

id NTT,budaya baca,literasi ,numerasi

Manggarai siapkan pojok baca digital bagi masyarakat

Bupati Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur Heribertus Nabit (ANTARA/Benny Jahang)

...Pemerintah telah menyiapkan Pocadi yang bisa diakses oleh semua warga untuk membaca berbagai jenis bacaan, sehingga budaya membaca terus meningkat, kata Bupati Manggarai Heribertus Nabit saat dihubungi dari Kupang, Kamis, (14/12/2023)
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menyiapkan Pojok Baca Digital (Pocadi) sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan budaya membaca bagi masyarakat maupun pegawai lingkup pemerintah setempat.

"Pemerintah telah menyiapkan Pocadi yang bisa diakses oleh semua warga untuk membaca berbagai jenis bacaan, sehingga budaya membaca terus meningkat," kata Bupati Manggarai Heribertus Nabit saat dihubungi dari Kupang, Kamis, (14/12/2023).

Pocadi ditempatkan di bagian lobi Kantor Bupati Manggarai. Pocadi, kata dia, merupakan paket bantuan tahap dua Tahun Anggaran (TA) 2023 yang diterima Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Manggarai berdasarkan permohonan bantuan yang diajukan kepada Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Paket bantuan yang diterima antara lain empat unit PC, satu unit DLS (Digital Library System), satu unit LED 43 inci termasuk wall bracet, satu unit perangkat Power Back Up (UPS) dan satu paket interior, meubelier, dan jaringan komunikasi.

Bupati Heribertus Nabit berterima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan fasilitas membaca bagi warga daerah itu.

“Fasilitas membaca ini sengaja ditempatkan di pojok lantai satu Kantor Bupati, supaya semua orang yang memiliki urusan di Kantor Bupati Manggarai bisa duduk sambil baca di sini, sehingga pemerintah akan menambah buku bacaan lain untuk mendukung fasilitas yang ada," katanya. 

Melalui fasilitas membaca itu, kata dia, maka budaya membaca buku terus bertumbuh sehingga semakin memperkaya ilmu pengetahuan yang dimiliki warga.

Baca juga: Anak muda NTT diajak tingkatkan kemampuan membaca

Pocadi, kata dia, sekaligus membentuk pola baru bagi semua tamu yang memiliki keperluan di Kantor Bupati Manggarai harus melalui ruangan lobi sebelum ke tempat tujuan mereka

Baca juga: Artikel - Sinergi Polisi-TNI hidupkan budaya membaca anak di pesisir Kupang

Bupati Heribertus Nabit berharap ke depan bantuan serupa juga diberikan ditempat lain seperti kampus dan tempat umum serta lembaga pendidikan dalam meningkatkan literasi dan numerasi bagi para siswa.