Kemensos bantu penyiapan lumbung sosial di Golo Loni

id lumbung sosial manggarai timur,mitigasi bencana,penanggulangan bencana

Kemensos bantu penyiapan lumbung sosial di Golo Loni

Acara penyerahan bantuan dari Kementerian Sosial untuk penyiapan lumbung sosial di Desa Wisata Golo Loni, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/12/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pemerintah Desa Golo Loni)

Komitmen daerah pasti semua yang terdampak itu dibantu...
Kupang (ANTARA) - Kementerian Sosial membantu penyiapan lumbung sosial di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana di daerah.

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas dari Lehong, Kabupaten Manggarai Timur, Kamis, (21/12/2023) menyampaikan bahwa lumbung sosial disiapkan untuk memudahkan pendistribusian bantuan bagi warga ketika terjadi bencana.

Menurut dia, lumbung sosial disiapkan di Desa Wisata Golo Loni karena daerah itu tergolong rawan mengalami bencana alam.

Penyediaan lumbung sosial di desa itu, ia menyampaikan, dimaksudkan untuk mempercepat penyaluran bantuan pokok untuk warga apabila terjadi bencana.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah mengupayakan semua warga yang terdampak bencana alam bisa memperoleh bantuan yang dibutuhkan.

"Komitmen daerah pasti semua yang terdampak itu dibantu," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Golo Loni Johan Okalung menyampaikan bahwa wilayahnya tergolong rawan menghadapi tanah longsor dan angin puting beliung. 

Oleh karena itu, pemerintah membantu penyiapan lumbung sosial di Desa Golo Loni dengan memberikan keperluan logistik untuk penanggulangan dampak bencana.

Dalam hal ini, Kementerian Sosial memberikan bantuan berupa 250 dus makanan siap saji, 20 tenda gulung, 100 paket lauk pauk siap saji, 20 kasur merah, 20 paket perlengkapan keluarga, 30 paket perlengkapan anak, 30 selimut, dua tenda keluarga portabel, 10 paket peralatan dapur keluarga, 25 paket sandang dewasa, dan 30 paket sandang bayi.

Pendirian lumbung sosial di Golo Loni disertai dengan penunjukan dua petugas logistik dan sukarelawan satuan tugas penanggulangan bencana yang terdiri atas pengurus lingkungan rukun tetangga dan rukun warga, aparatur desa, dan petugas perlindungan masyarakat.

Baca juga: Kemensos bangun instalasi air bersih untuk pemberdayaan warga Betun

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, wilayah Kabupaten Manggarai Timur memasuki musim hujan pada Desember 2023.

Baca juga: Artikel - Memulihkan pekerja korban TPPO lewat pemberdayaan sosial

Bupati Manggarai Timur mengimbau warganya agar mewaspadai kemungkinan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor selama musim hujan.