Pemkab Belu gelontorkan Rp 114 miliar bangun infrastruktut jalan

id NTT,pembangunan jalan,kabupaten belu

Pemkab Belu gelontorkan Rp 114 miliar bangun infrastruktut jalan

Bupati Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur Agustinus Taolin (ANTARA/Benny Jahang)

Pembangunan infrastruktur jalan raya menjadi program prioritas guna memudahkan akses transportasi bagi masyarakat dalam mendukung percepatan pembangunan ekonomi...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelontorkan anggaran sebesar Rp114 miliar lebih untuk pembangunan infrastruktur jalan guna memperkuat konektivitas wilayah dalam mendukung percepatan pembangunan ekonomi masyarakat di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Republik Demokratik Timor Leste.

"Pembangunan infrastruktur jalan raya menjadi program prioritas dilakukan Pemerintah Kabupaten Belu guna memudahkan akses transportasi bagi masyarakat dalam mendukung percepatan pembangunan ekonomi di daerah pedalaman," kata Bupati Belu Agus Taolin saat dihubungi di Kupang, Minggu, (31/12/2023).

Menurut dia pembangunan infrastruktur jalan di wilayah kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Timor Leste diarahkan untuk penyediaan layanan dasar, peningkatan konektivitas, dukungan pemulihan ekonomi dan ketahanan pangan.

Agustinus Taolin mengatakan anggaran yang digelontorkan untuk memperkuat konektivitas wilayah di Kabupaten Belu pada 2023 mencapai Rp114.502.849.693.

Ia mengatakan salah satu ruas jalan yang dikerjakan adalah ruas jalan raya menuju Bandara A. A. Bere Tallo dengan anggaran sebesar Rp16 miliar yang bersumber dari APBN, termasuk perbaikan sejumlah jalan yang mengalami kerusakan dan berlubang yang bersumber dari dana insentif fiskal dan specific grant.

Dikatakannya sejumlah ruas jalan yang diperbaiki pada 2023, yakni ruas jalan Haekesak-Turiskain, Fulur-Henes, Labur-Uarau, Wedomu-Nualain, Wilaen-Halileki.

Selain itu ruas jalan Lalu-Rusan-Haileki, jalan Wilaen-Rusan, Berluli-Fatuatis serta Loro Lakekun, serta ruas jalan Nenuk-Tala.

Baca juga: Ribuan umat Katolik di Belu mengikuti perayaan misa Malam Natal

Dikatakannya perbaikan infrastruktur jalan belum seratus persen diselesaikan, tetapi progres sudah sangat baik dalam mendukung percepatan akses transportasi dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Pemkab: Kepuasan pelayanan publik di Belu capai 95 persen

Baca juga: RSUD Mgr Gabriel Manek raih predikat paripurna


Hingga akhir tahun 2023 pembangunan jalan kabupaten dalam kondisi baik sepanjang 247,08 km atau 69,99 persen dari total panjang jalan kabupaten yang mencapai 353 km ditambah rehabilitasi jalan kabupaten sepanjang 40,5 km.


Baca juga: Pemda Belu targetkan stunting turun hingga sembilan persen