Basarnas Maumere siagakan tim rescue di lokasi terdampak erupsi Lewotobii

id basarnas, lewotobi, flores timur,erupsi gunung lewotobi laki-laki,gunung lewotobi

Basarnas Maumere siagakan tim rescue di lokasi terdampak erupsi Lewotobii

Tim Rescue Basarnas Maumere yang disiagakan di lokasi terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT. (ANTARA/HO-Basarnas Maumere)

Kami berangkatkan empat orang dalam tim rescue untuk melakukan siaga apabila terjadi kedaruratan di daerah terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki...
Kupang (ANTARA) -
Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere (Basarnas Maumere) menyiagakan tim rescue di lokasi terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
"Kami berangkatkan empat orang dalam tim rescue untuk melakukan siaga apabila terjadi kedaruratan di daerah terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki," kata Kepala Basarnas Maumere selaku SAR Mission Coordinator, Supriyanto Ridwan dalam keterangan resmi yang diterima di Kupang, Rabu, (3/1/2024) malam.
 
Ia menjelaskan tim ditempatkan di lokasi terdampak agar dapat melakukan pelaksanaan operasi SAR dengan lebih cepat dan tanggap.
 
Tim Rescue itu juga dilengkapi dengan peralatan lampu darurat, tandu lipat, satu unit mobil rapid land, serta drone thermal guna mendukung pelayanan SAR di daerah terdampak erupsi.
 
Ia berharap adanya tim rescue dapat membantu secara maksimal Pemerintah Kabupaten Flores Timur dalam menangani kejadian pascaerupsi Gunung Lewotobi Laki-laki.
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menyatakan kenaikan status Gunung Lewotobi Laki-laki mulai 1 Januari 2024 pukul 04.00 Wita.

Baca juga: BMKG bilang ada sebaran debu vulkanik erupsi Lewotobi di udara
 
Kenaikan status itu merujuk pada hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan peningkatan aktivitas visual dan kegempaan pada gunung tersebut, serta mewaspadai terjadi awan panas dari arah rekahan kawah.

Baca juga: Pemkab Flotim berikan layanan kesehatan bagi warga terdampak erupsi
 
Ada dua kecamatan terdampak yakni Kecamatan Wulanggitang dan Kecamatan Ile Bura.

Baca juga: 1.172 warga di Kecamatan Wulanggitang terdampak erupsi
 
Warga desa pun telah mengungsi ke posko-posko yang telah disiapkan oleh pemangku kepentingan kebencanaan.





 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Basarnas Maumere siagakan tim rescue di lokasi terdampak erupsi