Danrem 161/Wira Sakti ajak warga NTT jaga keamanan jelang Pemilu 2024

id NTT,Pemilu serentak 2024,Korem 161/WS,Febriel Buyung Sikumbang,Pilpres

Danrem 161/Wira Sakti ajak warga NTT jaga keamanan jelang Pemilu 2024

Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang (kelima kiri) berpose dengan sejumlah petinggi TNI di halaman Makorem 161/Wira Sakti di Kupang, Rabu (24/1/2024). ANTARA/Ho-Penrem 161/Wira Sakti

...Pilihan boleh berbeda, tetapi keamanan dan ketertiban di NTT tetap harus dijaga, katanya kepada wartawan di Kupang, Rabu, (24/1/2024)
Kupang (ANTARA) - Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di NTT jelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari mendatang.

"Pilihan boleh berbeda, tetapi keamanan dan ketertiban di NTT tetap harus dijaga," katanya kepada wartawan di Kupang, Rabu, (24/1/2024).

Hal ini disampaikannya ketika ditemui di Makorem 161/Wira Sakti Kupang usai meresmikan kantor baru dan juga penyerahan kendaraan trail kepada personel TNI AD di Makorem.

Dia mengatakan bahwa yang namanya pilihan itu merupakan hak pribadi masing-masing orang, sehingga tidak boleh dipaksakan oleh siapapun. Jika hal ini dipaksakan dikhawatirkan akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

"Kondusifitas wilayah, keamanan dan kenyamanan wilayah harus tetap dijaga sehingga apapun hasilnya nanti kita siap untuk menerimanya," tegas Komandan berbintang satu itu.

Febriel juga mengatakan bahwa dalam kontestasi itu dia yakin pasti akan ada pemenangnya. Tidak mungkin pemenangnya ada dua orang atau tiga pasangan, tetapi tentunya hanya butuh satu pasangan saja.

Dia menambahkan bahwa jika kondisi keamanan dan ketertiban berjalan lancar tentunya akan berpengaruh pada lancarnya program pemerintah di NTT, sehingga bisa berjalan dengan baik.

Sampai dengan saat ini kondisi keamanan di seluruh wilayah NTT masih kondusif, dan diharapkan tetap terjaga dengan baik sampai dengan selesai Pemilu.

Orang nomor satu di Makorem itu juga mengatakan bahwa terkait netralitas sudah pasti TNI netral dengan tidak mendukung pasangan calon atau caleg manapun dalam Pemilu 2024.

"TNI sudah pasti netral. TNI Polri dan ASN itu sudah ada komitmen yang sungguh luar biasa untuk bersikap netral," ujar dia.

Korem 161/Wira Sakti juga ujar dia sudah membuat posko-posko pengaduan jika ditemukan ada anggota TNI AD yang terlibat dalam politik praktis dengan mendukung salah satu calon.

Dia menegaskan bahwa jika menurut pandangan masyarakat ada prajurit TNI AD yang dalam kesehariannya tidak netral dipersilakan untuk melapor.

"Kami menerima laporan itu dan tentunya akan kita tindak tegas," ujar dia.


Baca juga: KPU sebut semua logistik pemilu di NTT sudah diterima dan disortir

Baca juga: Bunga Anggrek dan pesan politik Jokowi kepada Megawati

Baca juga: Menko Polhukam sebut Tak ada ancaman dalam Pemilu 2024