Pemkab Matim target 4.108 pemilih pemula lakukan perekaman KTP-El

id Disdukcapil Manggarai Timur, Manggarai Timur, Borong, Perekaman KTP-el, pemilih pemula, pemilu

Pemkab Matim target 4.108 pemilih pemula lakukan perekaman KTP-El

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Manggarai Timur Robertus Bonafantura (ANTARA/HO-Gecio Viana)

...Saya juga harapkan parpol bisa antar masyarakat ke Kantor Dukcapil atau antar ke kantor kecamatan untuk perekaman KTP-El
Borong (ANTARA) -
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan sebanyak 4.108 pemilih pemula melaksanakan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) menjelang pemungutan suara pada Pemilu 2024.
 
"Sebanyak 4.108 orang pemilih pemula  belum melakukan perekaman KTP-El," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Manggarai Timur, Robertus Bonafantura saat ditemui di Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai, Selasa (30/1/2024).
 
Dia menjelaskan bahwa sebanyak 4.108 orang pemilih pemula itu berdasarkan rekapitulasi data pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP-El hingga 16 Januari 2024.
 
Untuk percepatan layanan perekaman KTP-El,  Disdukcapil Manggarai Timur melakukan program jemput bola yang diberi nama program "Jebol" dan perekaman KTP-El harian yang di Gedung Kantor Disdukcapil Manggarai Timur.
 
"Lalu ada kebijakan pemerintah pusat istilahnya perekaman KTP-El di luar domisili, jadi pemilih pemula di Manggarai Timur yang sekolah di Ruteng (ibu kota Kabupaten Manggarai) bisa rekam, nanti di Manggarai Timur tinggal cetak KTP-El," katanya.
 
Dia juga menjelaskan program Jebol untuk pemilih pemula dan masyarakat umum akan dilaksanakan pada Jumat (2/2/2024) di tiga kecamatan yakni Kecamatan Congkar, Kecamatan Sambi Rampas dan Kecamatan Elar Selatan.
 
Selanjutnya, kegiatan yang sama akan dilaksanakan pada Jumat (9/2/2024) di tiga kecamatan lainnya yakni Kecamatan Lamba Leda Utara, Kecamatan Elar dan Kecamatan Borong.
 
Dia berharap agar semua pihak untuk ambil bagian untuk menggerakkan masyarakat agar melakukan perekaman KTP-El sehingga dapat menggunakan hak pilih pada pemilu 14 Februari 2024.

Baca juga: Dukcapil Manggarai intensifkan perekaman KTP-el untuk pemilih pemula
 
"Saya juga harapkan parpol bisa lakukan antar masyarakat ke Kantor Dukcapil atau antar ke kantor kecamatan mereka akomodir untuk perekaman KTP-El," katanya

Baca juga: Pemkab Ende layani adminduk 523 warga yang berada di Batam

Baca juga: Persentase perekaman KTP elektronik di Manggarai Barat capai 98 persen
 
Dia juga memastikan ketersediaan blanko KTP-El, sebanyak terdapat sebanyak 11.011 blanko KTP-El di Disdukcapil Manggarai Timur.