100 BUMDes diharapkan tumbuh pesat di NTT

id BUMDes NTT

100 BUMDes diharapkan tumbuh pesat di NTT

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan sambutan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa tingkat Provinsi NTT Tahun 2019 di Kupang, Jumat (5/4). (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)

"Dari sekian banyak BUMDes di NTT, saya inginkan ada 100 saja bisa bertumbuh hebat atau pesat maka itu sudah luar biasa," kata Gubernur NTT Viktor Laiskodat.
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menargetkan 100 badan usaha milik desa (BUMDes) di provinsi setempat yang bisa tumbuh pesat dalam masa pemerintahannya.

"Dari sekian banyak BUMDes di NTT, saya inginkan ada 100 saja bisa bertumbuh hebat atau pesat maka itu sudah luar biasa," katanya dalam rapat koordinasi Program Inovasi Desa di Kupang, Jumat (5/4), yang diikuti ratusan elemen pemerintahan hingga tingkat desa se-NTT.

Ia mengatakan, pemerintah pusat telah menyalurkan dana desa yang cukup besar untuk NTT dan di tahun 2019 jumlahnya mencapai Rp3,2 triliun lebih.

Untuk itu, ia meminta pemerintah daerah hingga tingkat desa agar memanfaatkan dana ini semaksimal mungkin untuk usaha produktif yang dikelola BUMDes.

"Jangan mengharapkan banyak-banyak tapi kalau 100 saja kita punya BUMDes bertumbuh hebat maka akan menjadi gerakan untuk yang lainnya," katanya.

"Jangan kita bikin seribu BUMDes tapi mati semua, 100 saja tapi yang betul-betul hebat," katanya.

Gubernur juga meminta para kepala desa yang hadir dalam kesempatan itu agar membentuk pengurus BUMDes yang memiliki kualitas karakter kepemimpinan yang hebat.

"Pilihlah orang-orang di BUMDes yang memiliki karakter teruji dan mampu bekerja melampaui standar sehingga bisa bertumbuh cepat dan hebat," katanya.

Baca juga: Peran BUMDes di NTT terus dioptimalkan
Baca juga: Kemendes gelontorkan Rp350 juta untuk tujuh BUMDes di NTT