350 anggota Pramuka Kabupaten Kupang ikut jambore

id jambore

350 anggota Pramuka Kabupaten Kupang ikut jambore

Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno (Kanan) disambut para peserta jambore Pramuka di Kabupaten Kupang, (Antara Foto/ Benny Jahang)

"Melalui kegiatan Pramuka tujuannya ialah terbentuknya anak bangsa yang beriman, memiliki moral yang baik, mental yang kuat, cerdas serta kuat dan sehat jasmaninya,
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 350 anggota Pramuka dari 17 sekolah di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengikuti jambore dalam rangka HUT ke-58 Gerakan Pramuka tingkat Kwartir Cabang Kupang Tahun 2019.

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya ketika membuka kegiatan jambore tingkat Kwartir Pramuka Cabang Kupang di Desa Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur, Selasa mengatakan gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik putra-putri Indonesia menjadi kader penggerak pembangunan, bermental baik, mempunyai moral dan budi pekerti serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ia mengatakan, Pramuka dengan segala kemampuannya telah memberikan dampak dalam menempa generasi bangsa menjadi pribadi yang berkualitas.

Menurut Korinus Masneno, berbagai konsep menarik dalam Pramuka, seperti semangat, gotong royong, kreatif dan memupuk jiwa kepemimpinan, sangat penting diterapkan dalam pembentukan anak bangsa yang berkualitas.

"Melalui kegiatan Pramuka tujuannya ialah terbentuknya anak bangsa yang beriman, memiliki moral yang baik, mental yang kuat, cerdas serta kuat dan sehat jasmaninya," kata Korinus Masneno.
Para anggota Pramuka Cabang Kupang menyambut Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno. (Antara Foto/ Benny Jahang)


Korinus Masneno mengatakan, kegiatan perkemahan Pramuka merupakan upaya membangkitkan potensi anggotanya secara keseluruhan, baik dari aspek fisik, intelektual, emosional sosial maupun spiritual.

"Dalam perkemahan anak didik dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman akan agungnya Sang Pencipta dengan alam ciptaan-Nya serta melihat pentingnya menjaga kelestarian lingkungan," kata Korinus Masneno.

Ia berharap melalui kegiatan Jambore yang berlangsung selama lima hari itu dapat memberikan dampak nyata dalam membentuk karakter anak bangsa, khususnya anak Kabupaten Kupang yang kreatif, mandiri, dan berkualitas.

Sementara itu Ketua Panitia Jambore Alexander Lasi dalam laporannya menyatakan tujuan perkemahan Jambore Cabang Tahun 2019 untuk mendekatkan Pramuka kepada masyarakat dan mempersiapkan Pramuka tingkat Penggalang untuk mengikuti kegiatan Jambore Daerah di Labuan Bajo Tahun 2020 mendatang.