Pemkab Kupang kesulitan benahi ribuan ruangan sekolah yang rusak

id Wakil Bupati Kupang

Pemkab Kupang kesulitan benahi ribuan ruangan sekolah yang rusak

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe saat memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela peresmian perbaikan sekolah bantuan lembaga amal Tzu Xing Foundation Taiwan di SDN Dendeng, Kecamatan Kupang Tengah, sekitar 22 KM dari Oelamasi, ibu kota Kabupaten Kupang, Selasa (25/2/2020). (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda).

"Anggaran kita sangat terbatas untuk memperbaiki lebih dari 1.000 ruang kelas SD dan SMP yang rusak di wilayah Kabupaten Kupang," kata Jerry Manafe..
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengakui bahwa pemerintahannya masih mengalami kesulitan dalam membenahi ribuan ruangan SD dan SMP yang mengalami kerusakan akibat keterbatasan anggaran.

"Anggaran kita sangat terbatas untuk memperbaiki lebih dari 1.000 ruang kelas SD dan SMP yang rusak di wilayah Kabupaten Kupang," katanya di Kupang, Selasa (25/2).

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang dari Fraksi Partai Golkar mengemukakan hal itu ketika dikonirmasi di sela-sela peresmian perbaikan sekolah bantuan sebuah lembaga amal dari Taiwan, Tzu Xing Foundation di SDN Dendeng, Kecamatan Kupang Tengah, sekitar 22 kilometer dari Oelamasi, ibu kota Kabupaten Kupang.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang telah melakukan pendataan terhadap kondisi ruangan SD dan SMP yang mengalami kerusakan sekitar 1.900 ruangan.

Baca juga: Pemkab Kupang apresiasi terhadap bantuan dari Taiwan

Pemerintah daerah, lanjut dia sudah memetakan dan membuat basis data mengenai sekolah mana yang masih layak, mana yang sudah tidak layak lagi sehingga perlu rehabilisasi.

"Namun kami memiliki anggaran yang sangat kecil, sekitar Rp1,3 triliun yang setengahnya untuk belanja tidak langsung untuk pegawai dan sebagaianya, sedang sisanya belanja langsung yang dibagi untuk berbagai sektor," jelasnya.

Wabup Jerry Manafe mengapresiasi bantuan perbaikan sekolah yang dilakukan Tzu Xing Foundation, sebuah Lembaga Amal dari Taiwan yang telah memperbaiki sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Kupang sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

Usaha yang dilakukan lembaga amal tersebut difasilitasi oleh Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif, dan Kemitraan Masyarakat Indonesia (YAPPIKA)-ActionAid dan Bengkel APPeK (Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung).

Baca juga: TX Foundation minta lembaga pendidikan di Kupang tingkatkan prestasi

Tzu Xing Foundation memperbaiki dan membangun kembali ruang kelas yang rusak dan baru serta unit kesehatan sekolah (UKS) dan toilet untuk empat sekolah di Kabupaten Kupang yakni, SDN Dendeng di Kecamatan Kupang Tengah, SDN Onitua di Kecamatan Kupang Barat, SDI Raknamo di Kecamatasn Amabi Oefeto,dan SDN Bimous di Kecamatan Amarasi Timur.

Perbaikan sekolah dengan nilai bantuan sekitar Rp1,5 miliar lebih tersebut dikerjakan dengan metode swakelola dari masyarakat setempat.

"Bantuan seperti ini tentu sangat diharapkan pemerintah daerah dan tentu kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tzu Xing Foundation yang datang jauh-jauh dari Taiwan membantu kami di sini," terangnya.

Dia berjanji akan memperbesar anggaran pendidikan dalam APBD Kabupaten Kupang agar bisa memperbaiki lebih dari 1.000 ruang kelas yang rusak, seperti yang sudah dilakukan pada 2019 lalu sebanyak 80 ruangan.