Jeruk Keprok SoE di Festival Buah Nusantara

id Jeruk Keprok SoE di Festival Nusantara

 Jeruk Keprok SoE di Festival Buah Nusantara

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) membagikan buah jeruk dan pisang lokal asli Indonesia kepada sejumlah anak pada acara pembukaan Fruit Indonesia 2016 di Parkir Timur, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (17/11).(Antara Foto/Widodo S. J

Kupang  (Antara NTT) - Jeruk Keprok SoE dari Kabupaten Timor Tengah Selatan akan diikutsertakan dalam Festival Buah dan Bunga Nusantara Internasional 2016.

"Selain buah jeruk itu, sejumlah buah lokal lainnya dari NTT akan dipamerkan dalam festival yang sedianya digelar pada 17-20 November di Jakarta dan Bogor," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Nusa Tenggara Timur Yohanes Tay Ruba di Kupang, Rabu (16/11).

Dia mengatakan, ratusan pelaku industri buah dan bunga Nusantara akan mengikuti Festival Buah dan Bunga Nusantara Internasional 2016 (FBBNI-2016).

Pelaku industri buah dan bunga berasal dari kelompok produk benih dan bibit, pupuk, pestisida dan hormon, buah dan bunga segar, buah dan bunga olahan, industri kesehatan berbahan baku buah dan bunga.

Serta industri pariwisata berbasis kebun buah dan bunga nusantara, peralatan pertanian, mesin pertanian, media pertanian, outlet buah dan bunga, dan Lembaga Keuangan/Pembiayaan.

Adapun, FBBN Internasional 2016 akan menghadirkan 500 International Trade Visitor, yang berasal dari kalangan pebisnis internasional.

Mulai dari importir/distributor/wholesaler/agent/retailer), manufacturing, produsen makanan dan minuman olahan, asosiasi atau kamar dagang negara tujuan ekspor, institusi pemasaran internasional, serta institusi kerjasama perdagangan internasional.

Negara-negara yang akan hadir meliputi negara sembilan negara ASEAN, Asia Timur (China, Japan, Taiwan, South Korea), Timur Tengah (UAE, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, Jordan), Australia dan Selandia Baru, negara-negara Eropa, dan Amerika.

Sebanyak 20.000 pengunjung dalam negeri yang berasal dari berbagai kalangan diprediksi menghadiri acara tersebut, baik pelaku usaha buah dan bunga nusantara, segar maupun olahan, termasuk berbagai sarana penunjangnya, institusi pemerintah, maupun masyarakat umum.

Indonesia akan menyelenggarakan Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN) bertaraf Internasional di Kota Bogor pada 17-20 November 2016.

Diselenggarakannya FBBN bertaraf internasional merupakan amanat Presiden Joko Widodo kepada Menteri Pertanian dan Institut Pertanian Bogor, agar Indonesia pada 2016 mampu mengadakan kampanye buah dan bunga Nusantara kepada masyarakat dunia, dengan memamerkan produk-produk unggulan yang berpotensi ekspor dan mendatangkan buyer internasional dari berbagai negara.

Festival bunga oleh FBBN Internasional tersebut memiliki beberapa tujuan. Yaitu, pertama, meningkatkan jumlah dan kapasitas produsen dan eksportir, dalam memproduksi dan memasarkan buah dan bunga Nusantara berkualitas ekspor.

Kedua, membantu meningkatkan kesadaran akan standar kualitas ekspor dan kebutuhan pasar bagi para produsen dan eksportir buah dan bunga Nusantara.

Ketiga, untuk meningkatkan kualitas, jumlah, konsistensi dan kesinambungan dari produk buah dan bunga Nusantara yang berkualitas ekspor.

Keempat, untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman buah dan bunga Nusantara, serta potensinya ke pasar global.