Kapal tengelam di Pukuafu merupakan kapal ikan

id ntt,kupang

Kapal tengelam di Pukuafu merupakan kapal  ikan

Dua korban kapal tengelam "kasih 25" yang berhasil diselamatkan awak Kapal cepat Bahari di perairan Pukuafu, Minggu (5/7/2020) petang, kedua korban saat ini sedang dalam peratawan medis di Kota Kupang, (Antara/ istimewa)

Kapal yang mengalami musibah di perairan Pukuafu merupakan jenis kapal nelayan untuk penangkapan ikan
Kupang (ANTARA) - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur, menyebutkan kapal 'Kasih 25' yang mengalami musibah di perairan Pukuafu merupakan kapal nelayan untuk penangkapan ikan.

"Kapal yang mengalami musibah di perairan Pukuafu merupakan jenis kapal nelayan untuk penangkapan ikan," kata Kepala Seksi Keselamatan Pelayaran Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tenau Kupang, Azwar kepada ANTARA di Pelabuhan Tenau Kupang, Minggu, (5/7).

Ia mengatakan KSOP Kupang belum mengetahui secara persis mengapa kapal menangkap ikan itu digunakan untuk mengangkut penumpang.

Baca juga: Seorang bayi korban kapal tenggelam dilaporkan meninggal

Dikatakannya, KSOP Kupang telah menurunkan tim penyelamat guna membantu Basarnas dalam mencari para korban yang belum ditemukan dalam musibah itu.

"Jumlah penumpang di atas kapal itu juga masih belum jelas. Namun diperkirakan lebih dari 20 orang. Tim kami masih mengumpulkan data di lapangan," tegasnya.

Kendati demikian, kata dia, ada dua orang yang ikut dalam pelayaran bersama Kapal "Kasih 25" telah ditemukan dalam kondisi selamat.

"Dua penumpang berhasil diselamatkan saat Kapal Cepat Baharari sedang dalam perjalanan menuju Kupang," kata Azwar.

Menurut dia, dua korban yang berhasil diselamatkan saat ini dalam perawatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly karena kondisi kedua korban sangat lemah. Selain dua korban selamat, juga terdapat dua korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Kami mendapat informasi dari Basarnas ada dua orang yang ditemukan dalam kondisi meninggal," tegasnya.

Baca juga: Belasan penumpang selamat dalam peristiwa kapal tenggelam di Kupang

Baca juga: SAR Kupang lanjutkan pencarian tujuh korban kapal tenggelam di Pukuafu


Dua korban yang berhasil diselamatkan itu yaitu Domi Doro dari Tablolong dan Nimrot dari Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Kapal 'Kasih 25' yang berangkat dari Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, tenggelam di Perairan Pukuafu diduga akibat diterjang gelombang tinggi ketika sedang dalam pelayaran menuju Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Pada Minggu (5/7/2020) sekitar 14.00 Wita.
 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar