Legislator berharap seleksi sekda Kota Kupang berlangsung profesional

id ntt,kupang,pejabat sekda kupang, seleksi pejabat kupang

Legislator berharap seleksi sekda Kota Kupang berlangsung profesional

Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Yuvens Tukung. (Antara/ Benny Jahang)

Kami berharap proses seleksi dilakukan secara terbuka dan profesional. Penentuan sekda juga agar tidak berdasarkan kepentingan politik tertentu
Kupang (ANTARA) - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Yuvens Tukung berharap proses seleksi terbuka pejabat sekretaris daerah (Sekda) di daerah itu agar dilakukan secara profesional dan menjauhkan kepentingan politik tertentu.

"Kami berharap proses seleksi dilakukan secara terbuka dan profesional. Penentuan sekda juga agar tidak berdasarkan kepentingan politik tertentu," kata Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang, Yuvens Tukung di Kupang, Rabu, (8/7).

Baca juga: Eli Wairata jadi penjabat Sekda Kota Kupang

Yuvens mengatakan hal itu terkait proses seleksi terbuka terhadap pejabat sekda Kota Kupang yang sedang berlangsung saat ini untuk mengisi jabatan sekda yang lowong selama tiga tahun.

Ia mengatakan, proses seleksi dilakukan tim panitia seleksi (pansel) agar dilakukan dengan profesional sehingga pejabat Sekda yang terpilih merupakan figur yang memiliki kapasitas dan integritas sebagai sekda.

"Sosok seorang pejabat sekda yang terpilih harus memiliki integritas yang baik karena daerah ini sudah tiga tahun tidak memiliki pejabat sekda definitif sehingga membutuhkan sosok pejabat yang mau bekerja keras dalam memberikan pelayanan pemerintahan," kata Yuvens.

Politisi partai NasDem Kota Kupang itu mengatakan, tugas seorang sekda di Kota Kupang sangatlah berat sehingga dibutuhkan sosok seorang pejabat Sekda yang memiliki keseriusan untuk membangun pelayanan pemerintahan yang baik di ibu kota provinsi NTT ini.

Baca juga: Pemkot Kupang segera seleksi calon sekda definitif

"Kami berharap hindari kepentingan politik masa lalu dibalik proses seleksi pejabat sekda. Sekda yang terpilih harus merupakan sosok yang memiliki kemampuan manajerial yang baik dalam mengelola pemerintahan sehingga pelayanan pemerintahan kepada masyarakat bisa berjalan dengan maksimal,"tegasnya.