Kabupaten Kupang bidik ekspor jagung ke Timor Leste

id NTT, Kabupaten Kupang,jagung

Kabupaten Kupang  bidik ekspor jagung ke Timor Leste

Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno. (Antara/ Benny Jahang)

Petani di Kabupaten Kupang sedang mengembangkan usaha jagung secara besar-besaran sehingga hasil panen jagung pada 2021 dipastikan melimpah, sehingga bisa dieksporĀ ke Timor Leste

Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mulai membidik untuk mengekspor jagung ke Timor Leste pada 2021.

"Petani di Kabupaten Kupang sedang mengembangkan usaha jagung secara besar-besaran sehingga hasil panen jagung pada 2021 dipastikan melimpah, sehingga bisa diekspor ke Timor Leste," kata Bupati Kupang, Korinus Masneno di Kupang, Senin, (7/12).

Ia mengatakan, program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) yang dilakukan di daerah ini pada lahan 400 hektare mampu mendorong peningkatan hasil tanaman jagung di daerah itu.

Baca juga: Bupati Kupang apresiasi tokoh agama dukung pengembangan jagung

"Waktunya untuk kita bangkit dan sejahtera. Kita tidak dapat berpangku tangan, semua yang bisa kita kerjakan mari kerjakan untuk kebaikan masyarakat. Kalau produksi jagung meningkat, kita juga bisa ekspor ke Timor Leste," kata Korinus.

Korinus optimistis pembangunan sektor pertanian di daerah yang berbatasan dengan Oecusset Timor Leste ini berkembang pesat, karena pada 2021 daerah ini juga segera memiliki pabrik pakan ternak.

"Pabrik pakan ternak akan dibangun di Kabupaten Kupang sehingga mendukung program pengembangan tanaman jagung yang dilakukan petani,” ungkap Korinus.

Baca juga: Kabupaten Kupang siapkan 2.600 ha lahan pengembangan jagung

Korinus mengaku dirinya telah memanen 4 ton jagung dan tidak untuk dijual.

"Bagi petani yang membutuhkan dapat diberikan secara cuma-cuma tapi nanti saya sampaikan bahwa itu hasil kerja bupati untuk memotifasi petani untuk lebih ranjin bekerja dalam mengembangkan usaha tanaman jagung," kata dia.