Satgas sebut vaksinasi lansia dan petugas publik segera dilaksanakan

id Wiku adisasmito, vaksinasi lansia, vaksin COVID-19

Satgas sebut vaksinasi lansia dan petugas publik segera dilaksanakan

Dokumentasi - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam agenda keterangan pers perkembangan penanganan COVID-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/2/2021). ANTARA/Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional/pri. (ANTARA/Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional)

Vaksinasi tahap kedua dan ketiga akan segera dilakukan bagi lansia dan petugas pelayanan publik dan ditargetkan dapat selesai pada bulan Mei mendatang
Jakarta (ANTARA) - Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan vaksinasi tahap kedua dan ketiga akan segera dilakukan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik.

"Vaksinasi tahap kedua dan ketiga akan segera dilakukan bagi lansia dan petugas pelayanan publik dan ditargetkan dapat selesai pada bulan Mei mendatang," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa, (16/2).

Dia menyampaikan nantinya pendataan penerima vaksinasi akan merunut data dari BPJS Kesehatan, Dukcapil dan hasil koordinasi kementerian dan lembaga terkait.

Sementara urutan vaksinasi akan menimbang jumlah kasus, tingkat penularan, kesiapan kapasitas penyimpanan vaksin dan daerah yang telah mencapai cakupan vaksinasi tenaga kesehatan.

Baca juga: Vaksin COVID-19 untuk lansia sudah teruji keamanannya

Baca juga: Presiden sebut vaksinasi Corona ke masyarakat pertengahan Februari


Sejauh ini pemerintah telah melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan selaku salah satu prioritas dalam pemberian vaksin. Hingga Senin (15/2) jumlah tenaga kesehatan yang telah divaksinasi mencapai lebih dari 70 persen dari target.