Kupang Terapkan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik

id Elektronik

Kupang Terapkan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik

Jefri Riwu Kore

"Sistem akuntabilitas tersebut merupakan bagian dari implementasi pelayanan pemerintahan berbasis elektronik dalam mengukur takaran kinerja aparaturnya," kata Jefri Riwu Kore
Kupang (Antara NTT) - Pemerintahan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore mulai menerapkan sistem akuntabilitas kinerja pemerintah berbasis elektronik untuk mengukur kinerja aparatur dalam tugas pelayanan kemasyarakatan di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Sistem akuntabilitas tersebut merupakan bagian dari implementasi pelayanan pemerintahan berbasis elektronik dalam mengukur takaran kinerja aparaturnya," kata Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore di Kupang, Selasa.

Ia mengatakan dalam upaya mendukung kegiatan pelayanan kemasyarakatan berbasis elektronik tersebut, pihaknya sudah melakukan pelatihan terhadap sejumah ASN di lingkungan Pemkot Kupang serta aparatur dari Pemkot Bandung sebagai mentornya.

"Pelayanan pemerintah berbasis elektronik ini memang butuh waktu untuk mengimplementasinya, namun perlahan-lahan kita harus mulai dalam mengukur kinerja aparatur," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan pelayanan kemasyarakatan berbasis elektronik ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintahannya dalam mengukur kinerja aparatur.

Penerapan teknologi ini sebagai langkah awal pemerintah menciptakan sistem teknologi yang memudahkan aparatur sipil negera memberikan pelayanan.

Dengan sistem ini juga, kata Jefri, semua jenis pelayanan, program dan termasuk anggaran dan seluruh pengelolaanya bisa terlihat secara transparan.

"Kalau hasilnya sudah dilihat secara transparan maka masyarakat dengan mudah melakukan pengontrolan dalam menilai kinerja aparatur," katanya.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah berbasis elektronik (e-SAKIP) ini akan terus mendorong pemerintah untuk bekerja secara transparan dan terukur, agar tidak terjebak dalam praktik KKN.

Inovasi ini perlu diterapkan supaya menghasilkan birokrasi dengan integritas dan kinerja yang tinggi, bebas KKN dan transparan dalam pengelolaan keuangan.

Pemerintah Kota Kupang saat ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung yang sudah lebih dari tiga tahun menerapkan aplikasi berbasis elektronik itu untuk pelatihan aplikasi e-SAKIP.