Perayaan Idul Fitri dan kenaikan Isa Almasih di NTT berlangsung aman

id Kapolda NTT, keamanan di NTT, Kota Kupang,Idul Fitri

Perayaan Idul Fitri dan kenaikan Isa Almasih di NTT berlangsung aman

dok. Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Lotharia Latif (kiri) saat meninjau salah satu pos pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah di Kota Kupang, NTT, Selasa (11/5/2021). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Semuanya berjalan aman, lancar dan kondusif tanpa gangguan suatu apapun,
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah di provinsi berbasis kepulauan itu berjalan dengan aman dan lancar.

"Semuanya berjalan aman, lancar dan kondusif tanpa gangguan suatu apapun," katanya kepada ANTARA saat dihubungi melalui pesan singkat di Kupang, Jumat.

Orang nomor satu di wilayah kerja Polda NTT itu menuturkan, berjalan damainya pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul FItri mulai dari pelaksanaan malam takbiran dan juga perayaan Shalat Id dikarenakan masyarakat juga ikut membantu aparat keamanan baik polisi maupun TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban di daerah itu.

Baca juga: Berkas perkara dugaan korupsi pembangunan jeti segera dilimpahkan

Kapolda NTT juga mengatakan bawah khusus untuk pelaksanaan malam takbiran dan Shalat Id umat Muslim di NTT terpantau tidak melanggar protokol kesehatan.

"Sebelumnya saya sudah mengimbau agar pelaksanaan malam takbiran dan Shalat Id dilakukan di masjid saja. Dan saya berterima kasih kepada panitia penyelenggaranya yang sudah mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah berkaitan dengan protokol kesehatan," ujar jenderal berbintang dua itu.

Baca juga: Kapolda imbau tiadakan takbir keliling cegah penyebaran COVID-19

Ia juga mengatakan bahwa selama pengamanan tidak hanya dilakukan selama pelaksanaan perayaan bagi umat muslim saja, tetapi juga bertepatan dengan umat Kristiani juga merayakan Hari Raya Kenaikan Isa Almasih.

Personel yang disiagakan kemudian dibagi menjadi dua untuk pengamanan Shalat Id serta pengamanan Hari Raya Kenaikan Isa Almasih.

Ia pun berharap agar situasi keamanan yang terjalin saat ini hendaknya tetap dijaga dengan baik sehingga keamanan dan ketertiban serta toleransi yang sudah terjalin dengan baik ini bisa terus terjaga.

Kapolda NTT juga menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat NTT yang sudah mau menjadi polisi bagi dirinya sendiri dalam arti bahwa menjaga diri sendiri untuk tidak melakukan hal-hal yang tak diinginkan dan juga menjaga lingkungan sekitar.