Pasukan muda Spanyol hantam Lithuania

id euro 2020,timnas spanyol,timnas lithuania,hugo guillamon,brahim diaz,juan miranda,javi puado,luis de la fuente

Pasukan muda Spanyol hantam Lithuania

Bek tim nasional Spanyol Juan Miranda (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Lithuania dalam laga pemanasan jelang EURO 2020 di Stadion Butarque, Leganes, Spanyol, Selasa (8/6/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Juan Medina)

...Pertandingan itu sedianya menjadi kesempatan terakhir Spanyol melakukan laga pemanasan jelang babak utama EURO 2020
Jakarta (ANTARA) - Pasukan muda Spanyol menghantam Lithuania 4-0 di Stadion Butarque, Leganes, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Pertandingan itu sedianya menjadi kesempatan terakhir Spanyol melakukan laga pemanasan jelang babak utama EURO 2020, tetapi menyusul hasil positif tes COVID-19 yang didapati kapten Sergio Busquets, seluruh skuad La Furia Roja terpaksa absen dan menjalani isolasi.

Tim U-21 Spanyol yang dipimpin pelatih Luis de la Fuente ketiban pulung memainkan pertandingan tersebut, tetapi usia tak menjadi halangan bagi mereka untuk mencukur habis Lithuania 4-0.

Bek Valencia Hugo Guillamon membuka keunggulan Spanyol saat laga baru berusia tiga menit memanfaatkan kemelut di muka gawang Lithuania dalam situasi sepak pojok.

Keunggulan itu digandakan oleh Brahim Diaz pada menit ke-24 saat pemain Real Madrid yang menghabiskan musim lalu berstatus pinjaman di AC Milan itu melesakkan tembakan melengkung ke area tiang jauh.

Enam menit berselang, Spanyol harusnya bisa kian memimpin, tapi Abel Ruiz mendapati eksekusi penaltinya dimentahkan oleh kiper Tomas Svedkauskas.

Juan Miranda mencetak gol ketiga Spanyol pada menit ke-53 lewat eksekusi tendangan bebas nan apik yang tak bisa dihentikan Svedkauskas.

Lantas Javi Puado melengkapi kemenangan Spanyol jadi 4-0 lewat sontekan jarak dekatnya menyelesaikan pergerakan apik melewati dua bek Lithuania.

Baca juga: Prancis gasak Bulgaria 3-0

Kendati terhenti di babak semifinal EURO U-21, pasukan muda Spanyol menjadi opsi bagi pelatih kepala Luis Enrique bilamana Tim Matador harus menghadapi situasi force majeur melakukan banyak pergantian skuad karena COVID-19 atau cedera.

Baca juga: Italia kalahkan Ceko 4-0 pada laga pemanasan

Enam pemain senior yakni Kepa Arrizabalaga, Raul Albiol, Braiz Mendez, Pablo Fornals, Rodrigo Moreno dan Carlos Soler sudah dipanggil untuk menjalani latihan di gelembung paralel bila mana pergantian skuad dibutuhkan.

RFEF juga menyatakan sejumlah pemain U-21 akan tetap bertahan di Madrid tapi belatih terpisah dari skuad utama selepas kemenangan ini, demikian (Reuters).