Kemenhub luncurkan mobil uji kendaraan keliling di NTT

id NTT,bantuan kendaraan uji keliling,keselamatan jalan,kemenhub

Kemenhub luncurkan mobil uji kendaraan keliling di NTT

Kementerian Perhubungan RI memberikan bantuan berupa satu unit mobil uji keliling untuk dioperasikan di Pulau Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, (Antara/Benny Jahang)

...Bantuan Kemenhub saat ini hanya satu unit untuk dioperasionalkan di wilayah pulau Timor
Kupang (ANTARA) - Kementerian Perhubungan meluncurkan pengoperasian mobil uji keliling pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menjamin adanya keselamatan secara teknis kendaraan di jalan raya.

Direktur Sarana Informasi Jalan, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal saat peresmian operasi mobil uji keliling di Oelemasi, Kabupaten Kupang, Selasa, (22/6) mengatakan kendaraan uji keliling berfungsi untuk melakukan pemeriksaan laik fungsi kendaraan bermotor non statis untuk menjamin keselamatan penumpang.

Menurut dia, keselamatan penumpang merupakan hal penting dan menjadi prioritas dalam operasional kendaraan.

"Bantuan Kemenhub saat ini hanya satu unit untuk dioperasionalkan di wilayah pulau Timor. Kami berharap pemerintah kabupaten/kota di Pulau Timor ini bisa mengoptimalkan alat ini sebaik mungkin dan tetap berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIII Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam melakukan kegiatan operasional," tegas Mohamad Risal Wasal.

Ia mengatakan, pemanfaatan mobil uji keliling yang pertama di NTT itu agar dilakukan dengan baik sehingga menjadi daerah percontohan bagi daerah lain di provinsi berbasis kepulauan ini.

Menurut dia Kabupaten Kupang merupakan daerah pertama di NTT yang melakukan kerjasama pemanfaatan mobil uji keliling sebagai bukti bahwa Kementerian Perhubungan selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk dapat menjamin keselamatan secara teknis di jalan.

Dengan demikian, menurut dia, penyelenggaraan pelayanan perhubungan yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah bisa terwujud dengan baik.

Sementara itu Bupati Kupang, Korinus Masneno mengatakan mobil uji keliling sangat dibutuhkan di daerah ini dalam meningkatkan kinerja layanan bidang perhubungan melalui kegiatan pengujian berkala kendaraan bermotor.

Menurut dia, adanya fasilitas mobil uji keliling non statis memiliki nilai strategis dalam menunjang penuh upaya peningkatan pendapatan asli daerah.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas dukungannya melalui penyediaan satu unit kendaraan uji keliling non statis yang dapat dioperasikan dalam memberikan uji kendaraan bermotor secara berkala di Kabupaten Kupang selama 45 hari ke depan dan selanjutnya akan digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Belu, Malaha dan Timor Tengah Utara.

Berdasarkan data statistik jumlah kendaraan niaga baik mobil penumpang, bus dan truk di Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 2020 mencapai 79.191 unit kendaraan dengan angka pertumbuhan per tahun mencapai 10,52 persen.

Baca juga: Kemenhub terbitkan maklumat pelayaran di perairan NTT

Baca juga: Kemenhub bantu kapal gratis bagi Manggarai Barat


Sementara jumlah kendaraan yang beroperasi di Kabupaten Kupang mencapai 4.905 unit kendaraan atau 6,19 persen dari 79.191 unit kendaraan di NTT.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar