Kapolda: Bintara yang dilantik untuk penuhi kuota personel Polda NTT

id Bintara, Polda NTT,Kota Kupang,Kapolda NTT

Kapolda: Bintara yang dilantik untuk penuhi kuota personel Polda NTT

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif (kanan) saat menghadiri acara pelatikan 224 Bintara Polri di Kupang. ANTARA/Konelis Kaha.

...Saat ini jumlah personel Polri di NTT hanya ada hanya 10.650 personel dari idealnya 24 ribu personel. Dengan adanya ratusan personel Bintara yang baru dilantik ini tentunya akan menambah personel di NTT
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan bahwa 224 Bintara Polri yang baru dilantik akan ditugaskan di NTT untuk memenuhi kuota jumlah personel Polri di daerah itu yang masih rendah.

"Saat ini jumlah personel Polri di NTT hanya ada hanya 10.650 personel dari idealnya 24 ribu personel. Dengan adanya ratusan personel Bintara yang baru dilantik ini tentunya akan menambah personel di Polda NTT," katanya kepada ANTARA di Kupang, Senin, (28/6).

Dari jumlah personel yang ada tersebut, kata komandan berbintang dua itu, jika diprosentasekan jumlahnya hanya mencapai 43 persen dan jika dibandingkan dengan geografis NTT yang luas maka tidak mencukupi.

Ia menjelaskan ratusan bintara yang dilantik tersebut secara keseluruhan ada 230 orang, namun yang dilantik di Polda NTT hanya mencapai 224 Bintara Polri laki laki, sementara enam Bintara Polwan dilantik di Jakarta

Menurut Kapolda NTT, untuk menunjang operasional, dilihat dari rasio saat ini, Polda NTT masih mengalami kekurangan untuk bisa memenuhi target yang diharapkan sesuai luas cakupan wilayah Polda NTT.

Untuk memenuhi kuota personel Polda NTT itu, Kapolda mengalu sudah menyampaikan langsung dan mengusulkan kepada Kapolri. Dengan kuota yang ada saat ini maka dibutuhkan maksimal dua kali lipat personel untuk bisa kita memenuhi target yang diharapkan dengan luas cakupan wilayah Polda NTT ini ada 21 Polres.

"Kekuatan kita (Polda NTT, red) saat ini baru 43 persen maka, itu sangat jauh dari harapan. Kita berharap dalam waktu dekat minimal bisa tercapai 60 sampai 65 persen saja sudah cukup bagus," ujar dia.

Baca juga: Labuan Bajo ditunjuk jadi tuan rumah kongres Polwan dunia

Menurut dia saat ini ada enam Polres baru yang sedang dibentuk. Tentunya keberadaan polres-polres ini membutuhkan banyak personel. Nantinya bintara yang baru ini sudah diserahkan oleh Mabes Polri untuk Polda NTT sendiri yang menentukan.

Baca juga: Kapolda NTT perintahkan jajarannya perketat PKM

Selain itu mendukung Labuan Bajo sebagai wisata premium tentunya dibutuhkan polisi pariwisata, sehingga kebutuhan akan personel Polri juga sangat dibutuhkan saat ini.